Disaksikan Pj Gubernur Sulsel, Deputi Perpusnas RI dan Pj Wali Kota Resmikan Gedung Perpustakaan Panrita Parepare

  • Bagikan

PAREPAEE, BACAPESAN.COM – Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RIDr Adin Bondar bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali secara simbolis meresmikan Gedung Perpustakaan Panrita Kota Parepare.

Peresmian itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin pada peringatan hari jadi Kota Parepare ke-64 tahun, di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Minggu, 18 Februari 2024.

Lalu, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dilokasi yang berbeda oleh Dr Adin Bondar di Gedung Perpustakaan Kota Parepare. Tepatnya di Jalan Pinngir Laut, samping Pelabuhan Nusantara Parepare.

Hadir pada pengguntingan pita itu, Sekretaris Daerah Kota Parepare, HM Husni Syam, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare Ahmad, dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Kota Parepare.

Dr Adin Bondar mengatakan, Gedung Dinas Perpustakaan ini diharapkan menjadi pusat kreativitas dan inovasi. “Saya berharap, ini bisa terus dikembangkan untuk menciptakan generasi yang memiliki semangat inovatif seperti Pak Habibie,” katanya.

Dia menjelaskan, gedung tersebut dianggap sebagai fasilitas yang akan memberikan kontribusi bagi masyarakat, dengan tujuan meningkatkan minat membaca di Parepare.

“Dan secara keseluruhan meningkatkan literasi membaca. Saya juga mengucapkan terima kasih atas sambutannya di Gedung Perpustakaan Kota Parepare yang positif,” jelasnya.

HM Husni Syam berharap Gedung Perpustakaan Panrita dapat menjadi magnet bagi pencari ilmu pengetahuan. Serta diharapkan, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare dapat memikirkan untuk membuat terobosan atau inovasi sehingga para pelajar dan mahasiswa berminat mengunjungi Gedung Perpustakaan Panrita.

“Dan usahakan, di dalam gedung ini pengunjung akan bisa berlama-lama membaca buku atau lainnya,” harapnya.

Selain itu, kata dia Panrita adalah orang cerdik pandai yang berarti orang-orang yang ahli di bidangnya melalui kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimilikinya.

Bahkan kata dia, perpustakaan hadir dengan tujuan untuk dapat membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan.

“Termasuk, kata dia dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tenpat perpustakaan tersebut berada,” tandasnya. (rud)

  • Bagikan