Kegiatan Pengabdian Masyarakat FIB Unhas, Cegah Bullying Lewat Cerpen di SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar, Sabtu, 2 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) dengan tema “Pemanfaatan Cerpen Sebagai Media Edukasi ‘Stop Bullying‘” untuk siswa UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar.

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah guru dan siswa yang dipilih dari berbagai tingkatan kelas. Kegiatan dimulai dengan pemberian pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa tentang bullying, dilanjutkan dengan pembacaan beberapa cerpen dengan tema bullying.

Para siswa terlihat antusias dalam membaca cerpen tersebut. Setelah itu, tim PPM-PK-M membuka sesi diskusi mengenai jenis bullying, dampaknya, dan tindakan pencegahan yang harus dilakukan di sekolah.

Kegiatan bersama siswa tersebut ditutup dengan pemberian post-test untuk mengevaluasi efektivitas pembacaan cerpen terhadap pengetahuan mereka tentang bullying.

Selain itu, tim PPM-PK-M juga melakukan diskusi dengan para guru dan kepala sekolah UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar.

Dari diskusi tersebut, diketahui bahwa sekolah tersebut sangat peduli dengan kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah.

  • Bagikan