Tutup Bulan K3 Nasional Tahun 2024, Ini Pesan Direktur Operasi PT. Semen Tonasa

  • Bagikan
Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba K3, oleh Direktur Operasi PT.Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini. (ist)

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Menutup pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2024 di PT Semen Tonasa ditandai dengan upacara yang dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari karyawan dan karyawati PT.Semen Tonasa, perusahaan afiliasi, serta perwakilan perusahaan vendor Semen Tonasa, di halaman Kantor Staf Area Pabrik Semen Tonasa, Jumat (08/03/2024).

Direktur Operasi PT.Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, yang bertindak selaku pembina upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa Bulan K3 Nasional tahun 2024 mengusung tema Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, dan Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Alfin berharap ini menjadi acuan seluruh insan perusahaan dalam bekerja, dengan senantiasa mengutamakan aspek K3 serta selalu berupaya menumbuhkan budaya K3 dalam diri setiap pekerja.

“Harapannya agar seluruh pekerja dapat terjaga keselamatan dan kesehatannya dalam bekerja. Karena salah satu kunci penting pembangunan ekosistem perusahaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3 tersebut.” ungkap Alfin Zaini.

“Pencapaian indikator K3 selama tahun 2023 wajib menjadi pembelajaran, untuk melakukan perbaikan dalam pengelolaan K3,” tambahnya.

Sejumlah program kerja di bidang K3 telah disiapkan antara lain, penyusunan regulasi dan peraturan-peraturan K3 yang lebih baik dan lebih ketat guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam menerapkan K3, penyusunan dan pembaruan pedoman standar instruksi kerja berbasis identifikasi bahaya yang lebih detail, serta penetapan pekerjaan yang termasuk dalam pekerjaan berisiko tinggi.

“Hal ini juga akan menjadi fokus kita dalam menyiapkan diri sebelum bekerja di area berisiko tinggi seperti bekerja di ketinggian, di ruang terbatas, termaduk dengan listrik tegangan tinggi. Pengembangan kompetisi setiap pekerja khususnya di bidang K3 dengan melakukan pelatihan-pelatihan K3 secara rutin disetiap unit kerja harus selalu diterapkan.” Pungkas Alfin Zaini.

Selain upacara, pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba K3 yang dilaksanakan oleh panitia dalam lingkup perusahaan PT Semen Tonasa. (atho)

  • Bagikan