Emak-emak di Tapalang Berburu Bahan Kue Jelang Lebaran

  • Bagikan
Sejumlah Emak-emak di Tapalang mulai berburu bahan kue lebaran (Foto: Sudirman / Rakyatsulsel)

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Lebaran adalah momen silaturahmi sesama umat Islam. Mendatangi rumah sanak keluarga dan kerabat menjadi salah satu hal dilakukan jika lebaran tiba. Menyiapkan kue dan minuman saat lebaran adalah suatu kebahagiaan untuk menjamu tamu yang datang. Begitu juga dengan pakaian dikenakan mesti terlihat bersih dan rapi.

Salah satunya dilakukan Anci, warga Kecamatan Tapalang Barat ini, rela antri di salah satu toko terletak di Pasar Dayanginna, Kecamatan Tapalang, Mamuju untuk mencari bahan campuran kue yang akan ia buat.

Ia bersama rekannya membawa kertas yang sudah disiapkan sebagai catatan. Satu persatu bahan kue dipilih dari rak khusus untuk campuran kue itu. Seperti mentega, susu bubuk, perasa, gula dan bahan lainnya.

“Kita buat memang kue, sisa beberapa minggu lagi baru lebaran,” ungkap Anci sambil memilih bahan kue.

Untuk tahun ini Anci akan membuat lima jenis kue dari model yang berbeda-beda, ia ingin berkreasi dengan berbagai kue sesuai keinginannya. Menyiapkan beragam kue sudah menjadi kebiasaan kala hari raya tiba.

Tak begitu jauh berbeda dengan Anci, wanita yang satu ini juga ingin menyiapkan kue dari awal. mesti menyisakan satu pekan lebih lagi, ia baru berburu bahan kue yang tak jauh dari tempatnya tinggal. Jenis kue yang akan direncanakannya adalah kue mentega dengan campuran bahan yang mudah dijangkau.

Mentega yang menjadi bahan dasar kue ikut dicari, ia lebih memilih mentega dengan harga lebih murah. Kalau dengan merek mahal ia sedikit mengurungkan niat untuk membeli. “Ada mentega murah? yang murahmi saya kasikanka,” ujar Marwah, Kamis (4/4/24).

Hampir sebagian besar Ibu-Ibu mencari bahan kue dua hingga satu Minggu terakhir jelang lebaran. Berbagai jenis bahan kue seperti telur, penggaring, perenyah, mentega, coklat bubuk, susu bubuk, gula, hiasan kue, vanili bubuk, maizena dan perasa menjadi incaran para wanita membuat kue.
(Sudirman)

  • Bagikan