BPJS Kesehatan Siapkan Posko Mudik Gratis di Pelabuhan Soekarno Hatta

  • Bagikan
Peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan yang ditandai dengan Pengguntingan Pita 

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno Hatta, Jumat (5/4/2024)

Posko mudik ini merupakan satu dari total 7 posko yang dihadirkan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Posko ini akan beroperasi pada 5-9 April 2024 untuk tahap pertama di periode mudik. Serta dimulai kembali pada tanggal 15 pada periode arus balik. 

Direktur SDM & Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal mengatakan Posko Mudik BPJS Kesehatan ini merupakan layanan yang sengaja dihadirkan untuk masyarakat terutama yang melakukan perjalanan mudik terutama yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Sebagai informasi, saat ini hampir seluruh penduduk Indonesia atau sekitar 96 persen lebih sudah menjadi peserta yang tercakup di BPJS Kesehatan oleh karena itu kita meyakini semua yang datang hampir semuanya yang menikmati layanan ini  adalah peserta BPJS Kesehatan yang harus kita terus-menerus pantau kesehatannya,” ucap Afdal.

Afdal mengatakan, data dari Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 mencapai 193 jiwa pemudik. Artinya, terdapat peningkatan jumlah pemudik sekitar 70 juta jiwa. 

“Karena itu, BPJS Kesehatan berupaya turut andil membantu kelancaran arus mudik dan arus balik tahun ini dengan menghadirkan Posko Mudik BPJS Kesehatan di sejumlah titik padat pemudik tersebut,” jelasnya

“Kadang-kadang pada saat mudik seperti kondisi kadang baik atau kadang kelelahan sehingga kita siapkan tempat berupa posko mudik supaya mereka bisa sedikit beristirahat melepas lelah kemudian kalau mereka mau berkonsultasi kita siapkan dokter yang bekerjasama di sini,” tambahnya.

Afdal membeberkan berbagai fasilitas bisa dinikmati saat mampir ke Posko Mudik BPJS seperti pemeriksaan kesehatan, pijat gratis menggunakan kursi pijat hingga mendapatkan obat jika memang membutuhkan.

Lanjut, Posko ini juga beroperasi 24 jam dimana ada 6 dokter dan 6 perawat yang berjaga secara bergantian.

“Jika pasien memiliki  kebutuhan perawatan lebih, kita bisa merujuk karena ada ambulance yang standby untuk mengantar ke rumah sakit terdekat,” jelasnya.

“Harapannya posko ini bisa cukup untuk membantu para pemudik mudik dalam hal menjaga kesehatan mereka. Tentu saja para tim kami juga ikut memberikan mensosialisasikan bagaimana menjaga kesehatan selama mudik ini berlangsung,” tutupnya. (Hikma)

  • Bagikan