Disambut Era 5.0, Prof Sufirman Minta Wisudawan UMI Terus Belajar dan Mengasah Kemampuan 

  • Bagikan
Prosesi Wisuda Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar 

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof Sufirman Rahman mengatakan saat ini era 5.0 menjadi tantangan yang harus di hadapi para wisudawan yang akan menjadi alumni dan menjajal dunia kerja. 

Hal tersebut diungkapkan Prof Sufirman dalam sambutannya pada gelaran Wisuda Periode Pertama Tahun 2024 Jenjang Diploma, Sarjana Profesi, Magister dan Doktor di Hotel Claro Makassar, Minggu (28/4/2024).

Dalam gelaran wisuda periode pertama 2024 yang diselenggarakan selama empat hari berturut-turut (28 April-1 Mei) ini, total wisudawan 3610 orang. wisudawan hari pertama sebanyak 949 orang, hari ke dua 932 orang, hari ke tiga 947 orang dan hari ke 4 782 orang.

Di hadapan 949 wisudawan, Prof Sufirman mengatakan era 5.0 ini merupakan era dinamis dimana membutuhkan sumberdaya yang tidak hanya cerdas namun juga terampil, responsif dan mampu merespon perubahan. Sehingga para wisudawan harus terus belajar dan mengasah kemampuan.

“Momentum wisuda merupakan awal mula keberhasilan dan pintu masuk kiprah yang lebih nyata dan bermanfaat. Ada tantangan dan peluang yang akan menghampiri sehingga para alumni harus terus belajar dan menuntut ilmu, harus terus di asa,” ujar Prof Sufirman.

Selain para alumni yang saat ini mencapai 127453 orang, dirinya mengungkapkan UMI Makassar juga terus bergerak maju dengan membangun komitmen dan konsistensi dalam melakukan pengembangan.

“UMI Makassar  merupakan PTS pertama di luar Jawa yang terakreditasi unggul dan Desember lalu kembali meraih akreditasi unggul. Ini sejalan dengan misi universitas. 

Pimpinan UMI juga saat ini menyiapkan program strategis dengan 5 prodi yang akan diakreditasi internasional melalui Kemenristek Dikti.  Tahun depan UMI membuka 3 prodi baru spesialis  Kandungan spesialis di prodi Kedokteran,” ungkapnya.

“Kemajuan umi merupakan peran besar alumni. Keberhasilan alumni diyakini memberi  kemajuan pesat pada Universitas sehingga kita harus menjaga silaturahmi almamater,” tambahnya.

Prof Sufirman juga mengungkapkan saat ini Dosen UMI berjumlah 1061 orang dan di tahun 2024 telah menerima dosen baru sebanyak 204 orang. Prof sejumlah 79 orang yg merupakan jumlah terbanyak PTS di luar Jawa. Mahasiswa aktif 21123 orang yang mencerminkan kepercayaan masyarakat. (Hikma)

  • Bagikan

Exit mobile version