Tingkatkan Literasi Anak di Parepare, Mahasiswa PPG Umpar Gelar Proyek Kepemimpinan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Pendidikan Matematika Kelas A dari Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) melaksanakan kegiatan Proyek Kepemimpinan dengan tema “Pemberdayaan Anak Binaan Rumah Belajar Cinta Damai”.

Kegiatan itu melibatkan Komunitas Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) yang digelar di dua lokasi berbeda. Yakni, Kampung Duri dan Taman Mattirotasi, selama satu bulan.

Hadir memandu kegiatan itu, Dosen pengampu mata kuliah Proyek Kepemimpinan Umpar, Dr H Mas’ud Badolo. Lalu hadir pula, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Parepare, Wakil Rektor (WR) 1 Umpar Dr Sriyanti Mustafa, dan Penanggung Jawab Komunitas Rumah Belajar Cinta Damai Miss Ita.

Koordinator kegiatan Muh Rais mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk program literasi dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak-anak.

“Kita juga melakukan pendampingan belajar dengan membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah dan memahami materi pelajaran,” katanya, Minggu, 9 Juni 2024.

Selain itu, pihaknya juga mengajarkan
pelatihan keterampilan dan kewirausahaan. Termasuk, pembinaan karakter. “Kita ingin membentuk karakter anak-anak melalui kegiatan yang mendidik dan menyenangkan,” jelasnya.

Semantara, WR I Umpar Dr Sriyanti Mustafa mengapresiasi kegiatan tersebut karena merupakan proyek baru yang berbeda dari proyek-proyek kepemimpinan sebelumnya yang biasanya lebih mengarah ke pendidikan formal.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa pengalaman belajar bisa didapatkan di luar lingkup persekolahan dan saya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan,” jelasnya.

Adapun pesertanya, adalah anak-anak binaan komunitas RBCD beserta orang tua mereka, dengan total jumlah 39 orang. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh pengurus RBCD dan mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Proyek Kepemimpinan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak dan masyarakat sekitar, serta menjadi inspirasi bagi proyek-proyek kepemimpinan selanjutnya.(rud)

  • Bagikan