PT SCI Kunjungan Kerja ke PT Vale Indonesia

  • Bagikan
PT. SCI (Perseroda) kunjungi PT Vale Indonesia.

MAKASSAR, BACAPESAN – PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda Sulsel) melaksanakan kunjungan kerja ke PT Vale Indonesia,Tbk, Senin (21/10).

Ini sebagai bagian dari inisiatif benchmark green mining dan best practice business process. Dalam kunjungan ini di ikuti para direksi PT. SCI (Perseroda Sulsel) yakni Dr. Ir. Machmud Achmad, M.M, Direktur Utama, Dr. Aerin Nizar, SP, M.HRM, Direktur Pengembangan dan operasional, Andi Arman, SE, M.S.i, Direktur Umum dan Keuangan, serta Asradi, SE, M.H, Direktur legal dan SDM.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas arahan Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bapak Zudan Arif Fakhrullah, untuk mempelajari penerapan praktik terbaik dalam pengelolaan tambang dan keberlanjutan lingkungan.

Delegasi PT SCI (Perseroda Sulsel) diterima oleh Yusri Yunus,  Manager Stakeholder Relations External Department PT Vale Indonesia Tbk, di Sorowako. Mereka mendapatkan paparan mendalam terkait penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta proses pertambangan berkelanjutan untuk mengembalikan fungsi ekologis kawasan tersebut.

Tim PT SCI (Perseroda Sulsel) juga berkesempatan mengunjungi Bukit Solia. Dimana hutan di sekitar bukit ini merupakan bekas lahan tambang yang telah direklamasi secara bertahap selama kurun waktu 24 tahun (2000–2024). Proses reklamasi dilakukan dengan menanam berbagai jenis vegetasi hutan lokal, seperti pohon trembesi, sengon, dan kayu putih, untuk memulihkan biodiversitas dan fungsi ekologis kawasan.

Reklamasi ini mencerminkan komitmen jangka panjang PT Vale Indonesia Tbk dalam memastikan keberlanjutan lingkungan dan kepatuhan terhadap regulasi pertambangan.

Selain reklamasi Bukit Solia, delegasi juga meninjau Taman Kehati Nursery PT Vale, fasilitas yang berfungsi untuk pembibitan tanaman lokal dan pelestarian keanekaragaman hayati. Program ini tidak hanya mendukung penghijauan kawasan tambang, tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar dengan menyediakan bibit tanaman produktif. Kunjungan tersebut dilanjutkan ke lokasi mangkasa point oil terminal di kecamatan Malili, Kabupaten Luwu timur, sebagai pusat distribusi oil ke PT Vale.

Kunjungan ini diharapkan menjadi landasan strategis bagi PT SCI dalam mengadopsi praktik-praktik terbaik untuk proyek masa depan, serta berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan sumberdaya masyarakat di Sulsel. (*)

  • Bagikan