Susah Buang Air Besar, Jangan Ragu Konsumsi 4 Buah Sehat Ini

  • Bagikan
ILUSTRASI buah Apel

JAKARTA, BACAPESAN.COM – PENCERNAAN yang sehat bisa menjadi salah satu indikasi usus Anda bebas dari virus dan bakteri.

Salah satu tanda pencernaan sehat ialah lancar buang air besar. Namun, beberapa orang susah untuk buang air besar. Biasanya hal ini karena tidak mengonsumsi cukup cairan dan serat.

Selain obat, ada beberapa buah sehat yang bisa membantu masalah Anda tersebut. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Pir

Satu buah pir berukuran sedang bisa mengandung sekitar 5,5 gram serat yang baik untuk melancarkan BAB saat sembelit. Dengan makan satu buah pir ukuran sedang saja, asupan serat harian Anda juga bisa terpenuhi sebanyak 22 persen.

  1. Beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry bisa Anda jadikan camilan sehat untuk melancarkan BAB yang keras akibat sembelit.

Ketiga buah sehat tersebut merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi.

  1. Apel

Satu buah apel ukuran sedang memberikan Anda 2,8 gram serat tidak larut air dan 1,2 gram serat larut air. Sebagian besar serat pada buah untuk melancarkan BAB ini disebut dengan pektin.

  1. Kiwi

Selain apel, buah kiwi juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sembelit. Satu buah kiwi kurang sedang mengandung 2,3 gram serat dan bisa memenuhi asupan serat harian sebanyak 9 persen. (jpnn/*)

  • Bagikan