Danny Bakal Latih Pakandatto Makassar Laporkan Tumpukan Sampah Lewat Aplikasi

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto akan melatih Pasukan Penindakan Anti Kotor (Pakandatto) dalam melaporkan tumpukan sampah hingga pohon tumbang lewat aplikasi. Melalui aplikasi tersebut petugas akan mengirim foto ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

“Aplikasinya akan diperlihatkan, jadi Anda (Pakandatto) foto nanti ada laporan di situ,” kata Danny saat memberi arahan kepada Pakandatto di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (2/11/2022).

Aplikasi yang akan digunakan Pakandatto dalam melakukan pengawasan bernama Pakandatto. Aplikasi ini dibuat agar memudahkan sistem pelaporan kepada Wali Kota maupun SKPD terkait.

“Langsung komputer yang baca itu jadi nanti lurah itu dan dinas itu akan tergantung responsnya atas laporan Anda (Pakandatto) semua,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Danny juga memberikan contoh kecil kepada Pakandatto tentang pelaporan melalui aplikasi bernama Pakandatto. Seperti halnya, kata Danny, jika ditemukan tumpukan tanah, Pakandatto harus mendokumentasikan lalu melaporkan melalui aplikasi yang telah dibuatnya.

“Anda amati jalan, anda foto kalau tumpukan tanah, kalau ada pohon tumbang foto baru laporan ke DLH, ada parkir tidak beres foto baru lapor ke (Dinas) Perhubungan atau PD Parkir,” urainya.

Danny mengatakan dengan adanya aplikasi tersebut kerja-kerja Pakandatto di lapangan bisa berjalan secara efektif. Menurutnya kehadiran aplikasi tersebut mempermudah dirinya mengawasi kondisi yang terjadi di Kota Makassar.

Selain itu, Danny menyebut pihaknya akan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada Pakandatto agar dapat mengetahui fungsi dari aplikasi yang telah dibuat.

“Paling tidak saya ingin memperkenalkan aplikasi untuk Pakandatto itu sudah selesai. Nanti ditraining khusus dan terakhir harapan ada bimtek-nya,” katanya. (*)

  • Bagikan