Aplikasi Mobile JKN Bantu Hasna Pastikan Kepesertaaan JKN Selalu Aktif

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Dengan hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak memberikan manfaat bagi peserta. Hasna (47), salah seorang peserta yang telah merasakan manfaat tersebut. Kepada Jamkesnews, ia mengakui selalu memastikan menggunakan kartu JKN ketika berobat di puskesmas maupun rumah sakit. Dengan kartu JKN ini pula, Hasna tak khawatir lagi akan besarnya biaya pelayanan kesehatan, cukup dengan menggunakan kartu JKN aktif, maka Hasna tidak ragu memanfaatkan Program JKN saat berobat di fasilitas kesehatan.

“Saya selalu gunakan kartu JKN ketika berobat di puskesmas ataupun rumah sakit. Saya juga pernah irawat inap di rumah sakit selama tiga hari, saat itu tidak ada biaya yang saya bayarkan, cukup dengan hanya menggunakan kartu JKN,” ungkap Hasna, Selasa (14/02).

Lebih lanjut Hasna mengungkapkan bahwa selama menjalani perawatan tersebut, pelayanan yang diberikan di rumah sakit juga sangat baik, dan tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Hasna berpesan agar pelayanan yang terbaik seperti itulah yang selalu diharapkan oleh peserta.

“Pelayanan yang diberikan juga sangat bagus dan semoga dapat terus ditingkatkan, tapi menurut saya pelayanan sekarang ini juga sudah sangat bagus,” tutur Hasna.

Selain mendapatkan pelayanan di rumah sakit, Hasna juga menuturkan bahwa pelayanan di puskesmas juga sangat bagus menurutnya dan tidak ada biaya tambahan yang dibayarkan.

“Selain saya yang pernah mendapat perawatan di rumah sakit, anak saya juga beberapa kali pernah berobat di puskesmas dan pelayanan yang diberikan juga sangat bagus, kami pun juga hanya menggunakan kartu JKN saat itu,” ungkap Hasna.

Kepesertaan JKN bagi Hasna adalah hal yang penting, oleh karena itu ia selalu ingin memastikan kepesertaan miliknya dan keluarga selalu dalam status aktif. Salah satu cara yang dilakukan oleh Hasna untuk memastikan kepesertaannya aktif adalah dengan melakukan pengecekan di Kantor BPJS Kesehatan. Namun, karena BPJS Kesehatan hadir di wilayahnya memberikan pelayanan yang disebut dengan pelayanan Mobile Customer Service (MCS), Hasna pun memanfaatkan kemudahan layanan tersebut. Ia lantas menanyakan tentang status kepesertaannya dan menanyakan berbagai hal seputar Program JKN.

“Pelayanan ini sangat bagus, karena lebih dekat sehingga saat diumumkan jika BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan di Kantor Kelurahan Ujung Sabbang, saya kemudian datang kesini sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Selain memastikan kepesertaan JKN miliknya dan keluarga dalam status aktif, Hasna juga menyampaikan bahwa melalui MCS ini, ia juga sekaligus mengubah fasilitas kesehatan terdaftarnya.

“Banyak hal yang bisa ditanyakan di pelayanan BPJS Kesehatan tadi, selain mengecek kepesertaan, saya juga mengubah fasilitas kesehatan saya dan keluarga. Alhamdulillah juga masih dalam status aktif yang ditanggung oleh Pemerintah,” ungkap Hasna, sesaat setelah memperoleh layanan MCS.

Hasna kemudian mengungkapkan bahwa, ia juga memperoleh banyak informasi terbaru seputar Program JKN. Salah satunya mengenai Aplikasi Mobile JKN, yang menurut Hasna Aplikasi ini sangat memudahkan peserta. Karena, dengan hanya mengakses Aplikasi Mobile JKN ini, banyak hal yang dapat dilakukan, seperti pengecekan status kepesertaan, perubahan data kepesertaan maupun digunakan ketika ingin mendaftar untuk memperoleh layanan di fasilitas kesehatan.

“Tadi juga disampaikan mengenai Aplikasi Mobile JKN, dan menurut saya ini sangat memudahkan peserta, apalagi jika ingin melihat status kepesertaannya. Selain itu, ada banyak menu lainnya yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta dalam mengakses layanan,” tutup Hasna. (***)

  • Bagikan