Taufan Pawe: Kehadiran BPJS Kesehatan Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Kesehatan telah hampir 10 tahun menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selama itu pula, BPJS Kesehatan telah bergerak bersama-sama dengan stakeholder termasuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memastikan masyarakat memiliki jaminan kesehatan.

Guna menyukseskan penyelenggaraan program strategis nasional tersebut, BPJS Kesehatan membutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini, sinergi dan kolaborasi datang dari Pemerintah Kota Parepare. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang pada, Senin (20/02) menerima kunjungan BPJS Kesehatan di ruang kerjanya, juga mengharapkan agar sinergi dan komunikasi dapat senantiasa terjalin dengan baik.

“Adanya akses kesehatan bagi masyarakat adalah hal yang sangat penting. Untuk itu diharapkan peran seluruh pihak agar dapat bersinergi, saya juga melihat bahwa keberadaan BPJS Kesehatan ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Taufan Pawe menekankan, manfaat yang luar biasa ini wajib diimbangi dengan pemberian informasi kepada peserta yang maksimal. Sehingga, diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan memahami berbagai informasi seputar kepesertaan JKN agar tetap sesuai prosedur dalam mengakses layanan kesehatan.

“Pemberian informasi serta edukasi ke masyarakat adalah hal yang juga penting untuk dilakukan. (Secara histori) Kota Parepare sendiri adalah cerminan negara maju dan menjadi salah satu kota yang telah menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan, karena merupakan kota yang pertama dalam mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Menyambut hal baik yang disampaikan Taufan Pawe, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful sangat bahagia dan mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Parepare dalam menyukseskan Program JKN. Ia juga menyampaikan harapannya agar sinergi dan kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin dengan baik

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan Bapak Wali Kota kepada BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat diharapkan dapat memperoleh kepastian jaminan kesehatan dari kepesertaan JKN,” tuturnya.

Risma, sapaaan akrab Andi Rismaniswati, juga menyampaikan bahwa dukungan Wali Kota Parepare tidak sebatas hanya dengan mendaftarkan masyarakatnya menjadi peserta JKN, akan tetapi lebih dari itu. Yakni Pemerintah Kota Parepare akan terus memastikan mutu pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN seoptimal mungkin. Ini terlihat dari pertemuan yang diadakan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan dan beberapa Direktur rumah sakit juga dilibatkan sehingga secara bersama-sama dapat bersinergi dalam peningkatan mutu layanan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan terbaik yang telah diberikan kepada peserta JKN di fasilitas kesehatan, kami harap kolaborasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dapat terus terjalin dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Risma juga menyampaikan bahwa salah satu yang juga merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Parepare adalah dalam hal penyebarluasan informasi seputar Program JKN dengan menggunakan kendaraan Mobil Layanan Informasi Publik (M-LIP). Penyebarluasan informasi melalui kendaraan ini, tidak hanya dilakukan dengan menggunakan mobil, tetapi juga menggunakan motor, sehingga dapat mengakses wilayah yang tidak dapat dilalui mobil atau kendaraan roda empat. Kegiatan ini juga merupakan inisiasi dari Dinas Kesehatan Kota Parepare bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare.

“Dari dukungan yang diberikan ini, kita dapat melihat bahwa Pemerintah Kota Parepare sangat fokus dan berkomitmen dalam mendukung penyelenggaraan Program JKN, kami sangat berterima kasih akan inovasi pemberian informasi tersebut. Kami juga berharap masyarakat dapat mengetahui dan memahami informasi tersebut, sehingga tidak terkendala ketika ingin mengakses layanan kesehatan,” tutupnya. (***)

  • Bagikan