Wali Kota Taufan Pawe Ajak ASN Salurkan Zakat Melalui Baznas

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Wali Kota Parepare Taufan Pawe menghadiri dan melaunching kegiatan Gerakan Cinta Zakat di Auditorium BJ Habibie, Parepare, Senin (3/4/2023).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Baznas ini turut dihadiri oleh para asisten, staf ahli, para SKPD, lurah dan camat se Kota Parepare serta Forkopimda.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan bahwa zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh pemeluk agama Islam untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah.

Zakat, kata dia, termasuk ke dalam rukun Islam dan menjadi salah satu unsur yang paling penting dalam menegakkan syariat Islam. Oleh karena itu hukum zakat adalah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat juga merupakan bentuk ibadah seperti salat, puasa, dan lainnya dan telah diatur dengan rinci berdasarkan Alquran dan sunah.

“Gerakan Cinta Zakat yang mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah, dan memastikan penyalurannya tepat sasaran, betul-betul sampai pada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Gerakan Cinta Zakat ini sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja besar, kerja sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan, menangani musibah dan bencana,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel itu mengimbau seluruh pejabat daerah, TNI/Polri, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, seluruh ASN Pemerintah Kota Parepare untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi, sekaligus terlibat aktif menyokong program-program yang dijalankan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Hal tersebut guna membantu mewujudkan kesejahteraan dan juga memberikan keberkahan kepada masyarakat.

“Saya berharap Gerakan Cinta Zakat ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan fasilitas yang mudah bagi ASN Pemerintah Kota Parepare untuk dapat ber-Infaq, Zakat, dan Sedekah. Atas nama Pemerintah Kota Parepare, saya memberikan apresiasi kepada BAZNAS yang selalu mendistribusikan zakat sesuai aturan yang ada, dengan demikian berbagai program yang telah terealisasi semakin menambah kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS,” jelas Taufan.

“Oleh karena itu, zakat, infak dan sedekah merupakan strategi normatif yang menyuarakan pesan moral agar orang-orang yang memiliki kelebihan menyadari tanggung jawabnya dalam mengupayakan penegakan keadilan ekonomi dan sosial di lingkungannya. Oleh karena zakat merupakan sarana untuk membersihkan harta,” tandas Wali Kota Parepare dua periode ini.
(***)

  • Bagikan