Ramahnya Petugas Administrasi MCS BPJS Kesehatan Membuat Masyarakat Teppo Terkesan

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Salah satu peserta yang memanfaatkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Teppo, Kabupaten Pinrang, Hatmawati bersyukur dengan adanya layanan administrasi BPJS Kesehatan ke Puskesmas Teppo. Ia juga mengacungi jempol petugas yang dengan ramah melayani setiap masyarakat yang datang berkunjung meskipun ditengah cuaca yang terik. Selain mendaftarkan anak ketiganya, ia juga dipandu untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN.

“Awalnya saya hanya mau bawa anak berobat ke puskesmas, tapi saya liat ada mobil BPJS Kesehatan. Akhirnya langsung saya hampiri kemudian bertanya kepada pegawai yang bertugas apa bisa melayani penambahan keluarga dan ternyata bisa. Kebetulan anak ketiga saya belum jadi peserta jadi sekalian saya daftarkan,” ujar Hatnawati, Rabu (07/06).

Selesai mengakses pelayanan, Hatmawati yang terdaftar sebagai peserta JKN di segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini merasa sangat senang karena tetap bisa produktif bekerja dan tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

Senada dengan Hatnawati, Amira salah satu masyarakat kelurahan Teppo lainnya yang merasakan manfaat dari layanan MCS juga sangat merasa terbantu dengan pengurusan administrasi yang ia lakukan. Ia berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena memberikan layanan yang sangat memudahkan masyarakat.

“Saat mengunjungi layanan MCS ini, petugasnya sangat ramah dan dengan lugas menjawab kebutuhan kami. Mereka juga memberikan informasi tentang aplikasi Mobile JKN, mulai dari mengunduh sampai proses mendaftarnya,”kata Amira.

Masyarakat di Kelurahan Teppo sangat antusias menyambut petugas layanan MCS. Mereka berharap kegiatan ini dapat dijadwalkan secara rutin, agar masyarakat yang tidak sempat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan karena kesibukannya bisa melakukan pengurusan administrasi dengan memanfaatkan layanan MCS.

Ditemui Tim Jamkesnews, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengatakan bahwa kegiatan MCS ini merupakan metode yang menjadi salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang. Langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat di wilayah Desa Teppo Kabupaten Pinrang.

“Pelayanan MCS ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Pinrang. Peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi maupun registrasi Aplikasi Mobile JKN bisa datang langsung ke MCS BPJS Kesehatan, nanti akan dilayani oleh petugas kami,” ujar Andi Rismaniswati.

Di wilayah Kantor Cabang Parepare, kegiatan MCS rutin dilakukan setiap sehari dan berkeliling ke beberapa lokasi, seperti pasar, puskesmas, kantor kecamatan, kantor kelurahan, maupun kantor-kantor dinas.

Andi Rismaniswati berharap semoga dengan kegiatan MCS, BPJS Kesehatan jadi lebih dekat dengan masyarakat sampai ke pelosok sehingga seluruh peserta JKN mendapatkan informasi dan layanan administrasi yang setara.

“Semoga masyarakat yang berkunjung jadi lebih paham pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan bisa kembali menginformasikan Program JKN kepada kerabatnya,’’ tambahnya.

Berbagai upaya dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Pare untuk memberi kemudahan akses layanan administrasi kepada masyarakat, khususnya bagi segmentasi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dalam proses mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan peserta PPU yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya terlalu lama.

Layanan MCS di Puskesmas Teppo Kabupaten Pinrang terbukti juga memberikan kemudahan kepada peserta JKN untuk melakukan perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi mobile JKN. Layanan MCS ini sangat dinantikan karena dapat menghemat waktu dan menghemat biaya untuk mengakses pelayanan administratif tersebut. (***)

  • Bagikan