Coastal Cleanup Bukti Semen Tonasa sebagai Perusahaan Terdepan Dalam Pelestarian Lingkungan

  • Bagikan

PANGKEP, BACAPESAN.COM – PT Semen Tonasa terus membuktikan diri sebagai perusahaan berbasis industri hijau, yang mendukung pelestarian lingkungan.

Sebagai bukti eksistensi tersebut PT. Semen Tonasa berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pangkep melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai (Coastal Cleanup),

Tidak tanggung tanggung, kegiatan yang dipusatkan di areal Wisata Mangrove, desa Bulu Cindea, kecamatan Bungoro, Sabtu (10/06/2023) tersebut, melibatkan kurang lebih 300 peserta.

Coastal Cleanup ini selain merupakan aksi kepedulian terhadap lingkungan, juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, yang dilaksanakan serentak di 135 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Tidak hanya aksi bersih,, di kesempatan ini juga dilaksanakan penambahan dan penanaman Pohon Mangrove.

Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Siti Nurbaya dalam sambutan serentaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung dan turut serta pada kegiatan bersih bersih Pantai tersebu.

“Dalam beberapa hari ini, dunia internasional sedang membahas untuk mengatasi polusi plastik. Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. Karena itu, melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholders, untuk bersama-sama memperjuangkan Solusi untuk Polusi Plastik. Dan saya percaya, masyarakat Indonesia sudah siap untuk beat plastic pollution,” ujar Siti Nurbaya dalam sambutan serentaknya.

Sementara itu Plt. Direktur Utama PT. Semen Tonasa Anis, yang hadir langsung memimpin aksi Coastal Cleanup tersebut mengatakan bahwa menjaga lingkungan itu merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama.

PT. Semen Tonasa sebagai perusahaan yang berada di Pangkep, secara khusus juga memiliki dua pilar dalam program CSR-nya yang memiliki nilai dukungan atas sustainability, yakni Tonasa Hijau dan Tonasa Bersahaja.

“Melalui pilar inilah Semen Tonasa terus berkontribusi dalam mendukung program-program berbasis lingkungan yang ada di Kabupaten Pangkep, termasuk masalah persampahan. Kedepannya, kita berusaha agar sampah-sampah ini nantinya dapat diolah sedemikian pula melalui RDF yang saat ini proyeknya sedang kami jalankan, hingga dapat menjadi bahan bakar alternatif di perusahaan,”jelas Anis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pangkep, Thamrin Taba menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada PT. Semen Tonasa, yang telah menginisiasi kegiatan bersih lingkung tersebut.

“Ini hal yang sangat luar biasa, dan harus terus dilanjutkan secara konsisten, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat,” singkat Thamrin Taba.

Selain dihadiri Plt. Dirut PT. Semen Tonasa, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Pangkep Haris Gani, Direktur Operasi PT. Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, jajaran Direktur Perusahaan Afiliasi Semen Tonasa, termasuk Kepala Desa Bulu Cindea Made Ali beserta masyarakat, dan aktivis pemerhati lingkungan.(*)

  • Bagikan