Jadi Pembicara Seminar Nasional Pendidikan, Ambo Uko Alumni PP As’adiyah Paparkan Internalisasi Karakter ASWAJA dalam Transformasi Pendidikan Menuju Era Society

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMAPERSADA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar Seminar Nasional Pendidikan pada hari Kamis, 15 Juni 2023 di Auditorium KH. Muhyiddin Zain.

WA Ode Hardas selaku Ketua HIMAPERSANA FKIP UIM sekaligus panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan ini merupakan rangkaian acara pembukaan kegiatan Pelatihan Keprofesian Guru (PKD) dengan tema Meningkatkan Basic Intelektual Berbasis Keprofesian yang dilaksanakan di Auditorium KH Muhyiddin Zain dan dilanjutkan di Galesong mulai hari ini Kamis sampai Ahad, 15-18 Juni 2023. Tema Seminar Nasional Pendidikan ini adalah Transformasi Pendidikan Menuju Era Society 5.0. Peserta kegiatan PKD dan seminar ini adalah mahasiswa prodi PGSD angjatan 2022, 2021, dan 2020.

Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd selaku ketua prodi PGSD dalam sambutanya mengatakan bahwa seminar nasional pendidikan ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan mahasiswa menuju transformasi pendidikan menuju era Society 5.0 melibatkan perubahan paradigma yang signifikan berbasis teknologi. Pendidikan tidak lagi hanya fokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan dunia nyata.

Salah satu akselerasi pemerintah dalam mentransformasi pendidikan adalah diluncurkannya kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan mengintegrasikan teknologi yang mendorong pemecahan masalah, kolaborasi, kreativitas, dan kritis berpikir. Olehnya itu, diharapkan kepada semua peserta dapat memaksimalkan kegiatan ini agar dapat membekali diri menjadi calon guru yang unggul, adptif dan berkarakter
Dekan FKIP UIM yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 3 FKIP UIM Bapak Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd sebelum membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa kegiatan ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada HIMAPERSADA FKIP UIM yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dan berharap kegiatan jni bisa rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat, minat dan kompetensi untuk mempersiapkan diri menjadi calon guru yang profesional.
Ambo Uko, S.Ag., M.Pd.I selaku Penilik Diknas Kota Makassar dan sekaligus sebagai alumni PP As’adiyah yang menjadi Narasumber dalam Seminar Nasional Pendidikan dalam paparannya menjelaskan bahwa berbagai upaya pemerintah telah dilaksanakan untuk merealisasikan amanat UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003. Salah satunya melakukan transformasi diberbagai lini di lingkup Kemndikbud Ristek RI. Transformasi pendidikan menuju era Society 5.0 merupakan tantangan dan peluang bagi sistem pendidikan kita.

Perubahan paradigma, penerapan teknologi, pembelajaran seumur hidup, dan peran guru yang berubah menjadi faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan masa depan.
Pendidikan harus melampaui pemindahan pengetahuan semata dan fokus pada pengembangan keterampilan yang diperlukan dalam dunia nyata maka diluncurkanlah kebijakan kurikulum merdeka belajar di sekolah yang berdiferensiasi. Teknologi menjadi alat yang penting dalam memfasilitasi pembelajaran yang inovatif dan kolaboratif. Pembelajaran seumur hidup menjadi esensi untuk menghadapi perubahan yang cepat dalam dunia kerja.

Turut hadir dalam Seminar Nasional Pendidikan Staf Ahli Rektor bapak Dr. Mulyadi, M.Pd sekaligus sebagai calon Anggota DPR RI dari Partai PKB, Haryono Tantroman selaku ketua Senat FKIP UIM beserta jajarannya, Ketua PMII Rayon FKIP besera jajarannya, dan para ketua lembaga lingkup FKIP dan lingkul UIM serta para perwakilan lembaga dari luar UIM. (*)

  • Bagikan