UPT SMPN 9 Tiroang Gelar Bimtek IKM

  • Bagikan

PINRANG, BACAPSAN.COM – Para Guru dan Tenaga Kependidikan Lingkup UPT SMP Negeri 9 Tiroang, ikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), bertempat di ruang LAB IPA sekolah Jalan Pelajar Tonrong Saddang, Tiroang, Kecamatan Tiroang, Kamis (21 – 22/6/2023).

Kepala UPT SMP Negeri 9 Pinrang, Nurul Yaqin yang tergolong masih muda ini, saat ditemui awak media disela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi kepada seluruh gurunya.

“Alhamdulillah, para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan. Semoga pembekalan ini menjadi acuan dan modal dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara terarah,” harapnya.

Dibawah bimbingan dan arahan Pemateri IKM ibu Indrayana, S.Pd., M.Pd, juga selaku Pengawas Pembina, bersama Bapak Syamsul Bahri S.S. selaku pengawas SMP.

Lanjut Nurul Yaqin, para peserta menerima materi IKM, dengan garis besar seperti, berupaya untuk memulihkan pembelajaran demi mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.

IKM, mengutamakan pada pembelajaran berbasis proyek demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Bertujuan, mengembangkan potensi peserta didik dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dan Dengan konsep yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk mengatur dan mengembangkan cara belajar mereka sendiri secara mandiri,jelas Nurul Yaqin

Lebih jauh dikatakan, P5 Kurikulum Merdeka adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui lima aspek utama, yaitu: potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial.

Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu: berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila. (*)

  • Bagikan