Dusun Lome Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Rusak Parah

  • Bagikan
Kondisi Rumah Warga Usai Dilanda Angin Puting Beliung di Dusun Lome, Minggu (2/7).

PINRANG, BACAPESAN.COM – Cuaca ekstrem puting beliung menerjang Kabupaten Pinrang, Minggu (2/7). Akibatnya, puluhan rumah warga rusak parah. Delapan diantaranya berada di Dusun Lome Desa Massewae Kecamatan Duampanua.

Camat Duampanua, Andi Ikbal B Tanri mengatakan, rumah warga yang terdampak akibat diterjang angin puting beliung. Umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap dan dinding.

“Di Kecamatan Duampanua, setidaknya ada delapan rumah yang terdampak angin puting beliung,” jelas Andi Ikbal, Selasa (4/7).

“Empat rumah warga diantaranya rusak parah selebihnya mengalami rusak ringan,” tambahnya.

Ikbal mengatakan, beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban luka maupun korban jiwa. “Tidak ada korban hanya kerugian materi,” tukasnya.

Terpisah, Warga Dusun Lome Kamaruddin Daeng Serang mengatakan saat kejadian warga panik dan berusaha mencari perlindungan, agar tidak diterpa material bangunan yang beterbangan.

“Saat kejadian saya menjaga orang tua yang sedang sakit. Istri dan anak anak berlindung di kolong rumah sambil memeluk tiang rumah, agar tidak tebawa angin puting beliung,” ungkap Kamaruddin.

“Angin puting beliung tiba-tiba datang, setelah itu kemudian hujan deras, jadi warga yang terdampak kesulitan mencari perlindungan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, angin puting beliung yang menerpa pemukiman warga bertiup dari arah selatan menuju ke utara. Bahkan angin puting beliung muncul tiga kali sebelum memporak porandakan pemukiman warga.

Selain di Dusun Lome, kerusakan rumah warga dampak angin puting beliung juga terjadi di kecamatan Cempa. Pemerintah Daerah saat ini tengah melakukan pendataan, untuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung. (Amran/A)

  • Bagikan