Langkah Catur Sang Arsitektur

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

Dia mengatakan, kerenggangan antara Danny Pomanto dan Partai NasDem mulai terjadi pada acara rapat akbar dan silaturahmi Anies Baswedan di Celebes Convention Centre (CCC) pada akhir 2022. Menurut dia, sebagai kader Partai NasDem, mestinya Danny Pomanto apalagi sebagai tuan rumah, turut mengawal dan mensukseskan acara tersebut. Tapi, faktanya, Danny Pomanto tak turut serta di acara tersebut.

“Begitu juga beberapa event politik partai NasDem, Danny bersikap pasif. Terakhir, lagi-lagi Danny Pomanto sebagai tuan rumah menjadi perbincangan lantaran dirinya sama sekali tidak menghadiri event politik Partai Nasdem, yang dihadiri Surya Paloh dua pekan lalu,” imbuh Ras.

Ia menilai, keputusan Danny mundur dari NasDem menjawab spekulasi politik selama ini tentang Danny dan NasDem. Meski begitu, dia menilai alasan mundur tersebut multitafsir.

Ras menilai, Danny Pomanto telah menghitung bahwa sangat kecil peluang dirinya diusung oleh Partai NasDem di Pilgub Sulsel karena faktor Rusdi Masse yang punya niat sama.

“Hanya saja, bila karena alasan ini, terlalu dini Danny Pomanto mundur dari NasDem,” kata Ras.

“Saya berpandangan lain, mundurnya Danny Pomanto dari NasDem lebih karena faktor ketidaknyamanan dan keamanan. Partai NasDem saat ini dalam politik nasional dalam keadaan yang tak baik-baik saja,” sambung dia.

Menurut Ras, aneka turbulensi politik yang sedang menghantui Partai NasDem bisa menjadi salah satu alasan. Misalnya, beberapa kasus hukum sedang menimpa kader seperti Johnny G Plate dan dugaan korupsi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Partai NasDem yang memutuskan berlawanan dengan arus kekuasaan punya konsekuensi politik dan hukum. Kedigdayaan NasDem telah usai. Kader yang tidak begitu bersih dalam mengelolah pemerintahan bisa saja tak punya harapan untuk mendapatkan perlindungan,” ujar dia.

Ras menilai, hengkangnya Danny tak akan berpengaruh besar bagi NasDem Sulsel. Alasannya, secara positioning politik, NasDem Sulsel sudah sangat kuat.

Manager Strategi dan Operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), Nursandy Syam melihat hengkangnya Danny dari Nasdem akan punya pengaruh terhadap kerja-kerja politik Partai Nasdem di Sulsel, khususnya di Kota Makassar.

  • Bagikan