PT Semen Tonasa Gelar Workshop Penyusunan Dokumen Proper Tahun 2023

  • Bagikan
PT Semen Tonasa Gelar Workshop Penyusunan Dokumen Proper Tahun 2023

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Semen Tonasa secara konsisten terus menunjukkan komitmennya dalam hal pengelolaan lingkungan. Terbaru, perusahaan persemenan tertua di Indonesia timur tersebut menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Proper Tahun 2023.

Workshop Penyusunan Dokumen Proper Tahun 2023 ini digelar di Hotel Novotel Grand Shayla, Makassar, Rabu-Jumat, 5-7 Juli 2023.

Kegiatan yang dihadiri langsung Direktur Operasi PT Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini, GM Perencanaan dan Pengendalian Produksi Yosi Reapradana, serta pihak konsultan dari Puspahadi tersebut melibatkan puluhan karyawan yang tergabung dalam Tim peningkatan pengelolaan lingkungan PT Semen Tonasa.

Mochamad Alfin Zaini dalam sambutannya menyebutkan, bahwa kegiatan penyusunan dokumen Proper yang digagas sejak beberapa tahun belakangan ini memiliki dampak positif dalam upaya pencapaian Proper Semen Tonasa.

“Sejak keikutsertaan Semen Tonasa dalam penilaian Proper beberapa tahun kemarin, memang terjadi pasang surut capaian. Namun, alhamdulillah Semen Tonasa bisa kembali ke jalur positif,” ujar Mochamad Alfin Zaini

Terakhir PT Semen Tonasa kembali berhasil meraih Proper hijau dengan skor yang cukup baik di tahun 2022 lalu. Ini menunjukan keseriusan seluruh insan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan namun tetap selaras dengan lingkungan.

Alfin menambahkan, bahwa dengan pelaksanaan workshop ini, perusahaan dapat semakin mengetahui kekurangan yang ada, antara realisasi program keberlanjutan yang telah dilakukan dengan standar yang ditetapkan Pemerintah.

“Sehingga, kita dapat mengetahui berbagai kekurangan dan sekaligus melihat potensi yang bisa dikembangkan untuk semakin dapat melakukan improvement,” tukasnya.

Salah satu upaya PT Semen Tonasa diantaranya upaya pengembalian fungsi lahan bekas tambang dengan berbagai program penghijauan, peningkatan penggunaan biomass dalam proses produksi, pelaksanaan project Refuse Derived Fuel (RDF) atau bahan bakar dari sampah, serta peningkatan kapasitas Pembangkit Listri Tenaga Surya di Semen Tonasa.

“Manajemen berharap agar kegiatan selama 3 hari ke depan ini dapat memberikan hasil sebaik-baiknya. Sehingga hasil Proper pada periode 2023 ini bisa meningkat lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Pjs. GM Komunikasi dan Hukum Ardiansyah menyebutkan bahwa pelaksaan workshop penyusunan dokumen ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam hal mendukung program keberlanjutan melalui industri berbasis lingkungan.

“Tim Peningkatan Pengelolaan Lingkungan yang telah dibentuk manajemen ini selanjutnya dikarantina di Makassar. Kemudian Tim diminta untuk menyelesaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan penilaian oleh Pemerintah, Ini juga sekaligus sebagai bentuk evaluasi internal,” singkat Ardiansyah.

Tim Peningkatan Pengelolaan Lingkungan PT Semen Tonasa Tahun 2023 ini terbagi ke dalam 11 bidang yang personilnya berasal dari lintas unit kerja sesuai dengan kompetensi dan keahliannya masing-masing, mulai dari sistem manajemen, energi, hingga pembedayaan masyarakat. (Atho/A)

  • Bagikan