ASN Sumbang 18 Persen Pertumbuhan Kredit di Sulsel

  • Bagikan
OJK KR6 Sulampua Gelar Jurnalist Update, Selasa (11/7).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 mencatat perkembangan kredit positif selama semester satu 2023.

Tercatat pertumbuhan kredit perbankan mencapai Rp146,20 triliun atau tumbuh sebanyak 10 persen hingga pertengahan tahun ini.

Dari keseluruhan kredit di Sulsel, Aparatur Sipil Negara (ASN) menyumbang kredit hingga Rp44 triliun atau sebanyak 18,09 persen kredit konsuntif.

Kepala OJK KR6 Sulampua, Darwisman menjelaskan, pertumbuhan kredit di semester pertama 2023 ini sangat positif ditengah isu ketidakpastian global.

“Dari total kredit yang di salurkan diangka Rp146 triliun, NPL hanya 2,74 persen. Masih dibawah ambang yang biasanya 5 persen,” ucap Darwisman dalam Journalist Update bertajuk ‘Perkembangan Industri Jasa Keuangan Sulsel’, Selasa (11/7).

Darwisman membaca, pertumbuhan kredit yang terjadi sebagai sesuatu yang positif sebab dari keseluruhan kredit, kredit produktif mendominasi dengan angka hingga 14,16 persen, sedang kredit konsuntif hanya 6,57 persen.

“Meski isu resesi global ekonomi, kami yakin Sulsel tetap tumbuh karena kredit yang tumbuh positif. Untuk ASN, banyak yang mengambil kredit karena ASN memiliki pembayarannya tetap lewat potong gaji dan resiko kredit macet kecil,” ungkapnya.

Lebih jauh, menurut Darwisman meski Kredit ASN relatif tinggi, tidak semua kreditnya bersifat konsuntif, “Banyak juga produktif. Seperti kredit untuk usaha berkebun, tambak, peternakan dan lain lain,” tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan