Jurnalis Update OJK, Industri Jasa Keuangan Tumbuh Positif

  • Bagikan
Jajaran OJK Regional Sulampua Foto Bersama Usai Gelar Journalist Update, Selasa (11/7).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua menggelar Journalist Update bertajuk ‘Perkembangan Industri Jasa Keuangan Sulsel’, Selasa (11/7).

Kegiatan ini dihadiri puluhan pewarta ekonomi dari berbagai media di Kota Makassar.

Dalam paparannya Kepala OJK KR6 Sulampua, Darwisman menjelaskan tentang jasa keuangan Sulsel dan kredit perbankan yang tumbuh positif, sektor ekonomi, dana pihak ketiga, fitech, hingga UMKM.

Menurut Darwisman, selama semester pertama 2023 perkembangan jasa keuangan Sulsel terhadap nasional tumbuh dengan baik.

“Total aset perbankan Rp174 triliun, atau meningkat 8,26 persen. Sedang dana pihak ketiga (DPK) berada di angka 4,14 persen dan kredit 10, 67 persen,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, pertumbuhan kredit juga ikut positif apalagi kredit produktif bertumbuh 14,16 persen. Sedang kredit konsumtif hanya 6,57 persen.

“Meski resesi global ekonomi, Sulsel tetap tumbuh karena adanya kredit postif yang terus tumbuh dan dipergunakan UMKM. Sedang kredit konsuntif lebih rendah, ini yang membanggakan dari masyarakat kita,” ujarnya.

Khusus pengembangan UMKM, Darwisman mengaku saat ini tengah bekerja sama dengan 30 lembaga untuk memajukan UMKM dan membawa UMKM naik kelas hingga bisa ekspor.

“Saat ini ada 71 UMKM telah lulus dan akan terus di dorong produk yang bisa di ekspor. Untuk menjadikan UMKM go moderen, kami harus bekerja sama dengan 30 lembaga dan saat ini masih terus dikolaborasikan,” tutupnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan