Berkat Gelaran APEKSI, Okupansi Hotel di Makassar Naik Siginifikan

  • Bagikan
Panggung Budaya Rangkaian APEKSI di Makassar.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023 membawa dampak positif bagi industri perhotelan di Makassar. Tak tanggung-tanggung, okupansi hotel naik signifikan.

Diketahui, Rakernas APEKSI ini dilaksanakan selama lima hari, 10-14 Juli 2023. Para walikota datang dengan kepala dinas dan staf di pemerintahan masing-masing. Tentu, mereka membutuhkan penginapan mendukung mobilitas selama kegiatan.

Kemeriahan penyelenggaraan APEKSI inilah yang dimanfaatkan berbagai hotel di Kota Makassar dan terlihat ramai dikunjungi tamu luar kota. Bahkan beberapa hotel yang nyaris tutup dimasa pandemi ikut diserbu tamu luar kota.

Salah satu hotel yang berada di pinggir pantai Losari, Aryaduta Makassar selama penyelenggaraan APEKSI mengalami peningkatan hunian hingga 100 persen atau full booking.

Marcomm Aryaduta Hotel, Nathalia tamu yang memesan kamar berasal dari berbagai daerah, “Macam-macam, dari luar pulau, dan kebetulan di periode tersebut, sudah ada group pemerintahan yang sudah booking dari bulan Juni,” ujar Nathalia, Jumat (14/7).

Untuk memanjakan tamu dan memperkenalkan budaya Makassar, Natha sapaan akrabnya mengaku pihaknya menyediakan welcome drink hingga sarapan dengan menu khas Makassar.

“Kami menyediakan welcome drink Sarabba dan menu breakfast kami lebih dominan ke makanan khas Makassar seperti coto makassar, mie titi, sanggara balanda dan lain lain karena untuk makan malam dan siang mereka sudah ada agenda dari panitia,” jelasnya.

Sementara, Hotel Gammara yang berada di Jalan Metro Tanjung Bunga ikut merasakan benefit dari kemeriahan APEKSI, sebanyak 53 persen hunian kamar diisi dari tamu luar kota dan selebihnya tamu dalam Kota Makassar.

“Selama penyelenggaraan APEKSI ini kami mengoptimalkan pelayanan. Pesanan kamar juga include dengan breakfast dengan berbagai macam menu khas Makassar,” jelas Eva Marcom Hotel Gammara.

Selain hotel yang berada dekat dengan tempat penyelenggaraan APEKSI, hotel yang berjarak dari pantai losari juga dibanjiri tamu dari gelaran tersebut.

“Di hotel kami peserta APEKSI banyak yang booking room lewat online travel. Kami kedatangan banyak tamu dari kuar kota apalagi hotel kami minggu ini banyak event besar seperti PKS, KPK, Kemenpolhukam dan lain-lain,” ucap Manager Marcom Claro, Richwan Wahyudi. (Hikmah/B)

  • Bagikan