KALLA Bersama DPD PMSM SulSel Eratkan Kolaborasi Bersama BBPVP Makassar

  • Bagikan
Pertemuan KALLA Bersama DPD PMSM Sulsel dan BBPVP Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – People and Process Director KALLA, Disa Rizky Novianty yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) menjalin silaturahmi bersama Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Makassar, La Ode Haji Polondu pada 1 Agustus 2023, di Gastros Wisma Kalla.

Dalam silaturahmi ini juga dihadiri oleh manajemen sumberdaya manusia KALLA, diantaranya, People Operation Division Head Muhammad Syauki, People Strategy & Police Division Head Risandy Mulyadi, Talent Management Department Head Indah Karlina, Strategic Partnership Department Head Rusli Manaf dan Training & Assesment Center Department Head Hendarjat Hambali.

Pertemuan ini bertujuan untuk mempererat sinergi dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan sertifikasi, dan penempatan tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan kualitas, daya saing dan produktifitas sumber daya manusia di berbagai bidang industri dalam mendorong penerapan pelatihan berbasis kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja.

Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP), La Ode Haji Polondu menjelaskan bahwa peran BBPVP diantaranya untuk menganalisa kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya sesuai dengan sektor bisnis yang dijalankan oleh KALLA.

“BBPVP berupaya untuk melakukan pengembangan program, kurikulum dan modul pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga bisa tepat sasaran dan dapat memberikan performa yang maksimal dalam dunia kerja,” ungkapnya.

Strategic Partnership Department Head KALLA, Rusli Manaf mengungkapkan bahwa KALLA senantiasa turut berpartisipasi dalam program-program pelatihan dengan menyediakan pengajar/ tenaga ahli, mendukung pelaksanaan pelatihan sesuai dengan kualifikasi SDM yang dimiliki.

“Kita berharap kolaborasi yang terjalin ini dapat menyerap ratusan tenaga kerja pada unit bisnis yang dimiliki oleh KALLA dengan kemampuan dan skill yang terstandar dan teruji melalui sertifikasi kompetensi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kalla Institute Learning Development (KI_LEAD) dengan Inno-Change International Consultants juga melakukan Penandatanganan Mou tentang Program Aktivasi Pasar Tenaga Kerja Uji Coba Jobstart Indonesia 2023 di Kota Makassar antara Kalla Institute Learning Development (KI-LEAD) oleh Pak Syamril dan Inno-Change oleh Richard DLC Gonsalez (Head Executive Advisor) diwakili oleh Steven Schmidt (JobStart Indonesia Technical Leader.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di acara JobStart Process Workshop (Employer Engagement) yang diselenggarakan oleh JobStart Indonesia di Saoraja Ballroom (Wisma Kalla) pada 21 Juli 2023 lalu. Peserta dari acara ini di antaranya, InnoChange International Consultants, Inc. yang ikut dihadiri secara Online dari Filipina oleh Richard DLC Gonsalez selaku Head Executive Advisor.

Acara ini dihadiri juga oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar yang diwakili oleh Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Bapak Baharuddin Mustamin, Perwakilan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar, dan beberapa Human Capital dari industri-industri di Kota Makassar, di antaranya PT Sinar Sosro, Lotte Mart.

Kerja sama program ini terjalin antara Kalla Institute Learning Development (KI-LEAD), InnoChange International Consultants, Inc, dan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar. Kerja sama terkait berfokus pada lulusan SMA/SMK yang menganggur dan menyediakan kerangka kerja keterampilan dan perolehan pekerjaan berdasarkan permintaan, dan pembangunan kapasitas sumber daya manusia untuk memperkuat keterampilan teknis (hard skills) dan keterampilan non-teknis (soft skills) khususnya di Kota Makassar. (*)

  • Bagikan