Kampus Kedua Kantongi Sertifikasi ISO Terbaru, Unismuh Makassar Diakui Dunia Internasional

  • Bagikan
Penyerahan Sertifikasi ISO Unismuh Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih sertifikasi dengan nomor B24 40123001 standar ISO 21001:2018 Audit Date 10.07.2023 – 9.08.2023.

Raihan ini menjadikan Unismuh Makassar sebagai perguruan tinggi dengan standar mutu yang diakui secara internasional.

Hal itu disampaikan Perwakilan PT TUV Rheinland yang berpusat di Jerman Abdul Manan Aruli saat mengumumkan hasil audit dan penyerahan Sertifikat ISO tersebut ke Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Rabu (9/8) kemarin.

Sertifikat tersebut bukan hanya untuk institusi Universitas, melainkan untuk 11 Badan, Biro, dan Lembaga, serta 40 prodi yang ada di Unismuh.

Abdul Manan mengatakan, setidaknya ada tiga hasil pengamatan positif yang membuat Unismuh layak meraih sertifikat ISO. Pertama, komitmen yang tinggi dari Top Manajemen dan seluruh keluarga besar civitas akademika Unismuh dalam
implementasi Sistem Organisasi Manajemen Pendidikan ISO.

“Kedua ada upaya untuk melakukan perbaikan dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dan Ketiga, adanya berbagai pencapaian dan penghargaan selama tahun 2022 hingga 2023, baik pada level regional maupun nasional,” ungkap Abdul Manan.

“Unismuh merupakan kampus kedua setelah Unismuh Yogyakarta di Indonesia yang meraih sertifikat ISO lembaga TUV Rheinlad yang berpusat di Jerman,” tambahnya.

Menurut Abdul Manan, belum banyak perguruan tinggi yang menerapkan ISO 21001:2018. Pada umumnya masih menggunakan ISO versi 90001: 2015, yang merupakan standar manajemen mutu yang masih bersifat umum, belum spesifik bidang pendidikan.

“ISO 21001;2018 ini merupakan ISO khusus untuk organisasi di bidang pendidikan. Alhamdulillah, Unismuh sudah meraih sertifikat itu,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Rektor I Unismuh Makassar Abd Rakhim Nanda menegaskan, pencapaian sertifikasi ISO tersebut merupakan wujud keseriusan dalam mengelola institusi pendidikan tinggi.

“Sertifikasi ISO 21001: 2018 menunjukkan Unismuh dikelola secara sungguh-sungguh dan terukur dan hal yang terpenting adalah membangun trust atau kepercayaan publik,” papar Rakhim.

Sementara, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menyampaikan kesyukurannya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah Unismuh Makassar berhasil meraih sertifikat ISO 21001:2018. Hal ini tentu menggembirakan selain sebagai upaya manajemen mutu, ini juga sebagai peningkatan pelayanan dan peningkatan SDM,” ungkapnya.

Ambo Asse menegaskan, sertifikasi ISO juga akan memiliki dampak bagi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unismuh Makassar. “Insyaallah, bulan ini borang akreditasi kita kirim. Semoga harapan Unismuh Makassar meraih akreditasi Unggul bisa terwujud,” harapnya. (*)

  • Bagikan