Pertamina Rampungkan Misi Pemenuhan Avtur Jemaah Haji Tahun 2023

  • Bagikan
Jemaah Haji

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui DPPU Hasanuddin telah menyelesaikan tugas memastikan ketersediaan avtur untuk kepulangan haji tahun ini. Hal ini sejalan dengan berakhirnya pemberangkatan dan kepulangan haji ke tanah air di Agustus ini.

Region Manager Corporasi Operasional and Services Sulawesi, Wisnu Fajar Baskoro pada penutupan Haji menyampaikan jumlah konsumsi avtur untuk penerbangan haji 2023 mengalami peningkatan kebutuhan sebesar 47 persen dibandingkan tahun 2022.

“Ini dikarenakan jemaah haji yang berangkat pada tahun ini meningkat dua kali lipat. Serta jumlah tersebut dikarenakan kondisi tahun lalu yang masih pandemi dan adanya pengurangan kuota ibadah haji di Sulawesi Selatan yang hanya sebanyak 36 kloter, sementara pada tahun ini ada peningkatan jumlah kloter menjadi 41 kloter,” jelas Wisnu, Jumat (18/8).

”DDPU Hasanuddin Makassar telah merealisasikan kebutuhan avtur untuk Haji flight sebanyak 714 Kiloliter (KL) pada fase pertama (keberangkatan) yang dimulai tanggal 24 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023 dan 3.825 KL untuk fase kedua (kepulangan) yang dimulai pada 3 Juli 2023 hingga 8 Agustus 2023 lalu. Realisasi tersebut melebihi jumlah permintaan avtur dari Maskapai Garuda Indonesia untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah haji,” tambahnya.

  • Bagikan