Tiga Mahasiswa Asing Bakal Belajar Bahasa dan Budaya di Unismuh Makassar

  • Bagikan
Tiga Mahasiswa Asing Belajar Bahasa dan Budaya di Unismuh Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Program Darmasiswa, inisiatif beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta Kementerian Luar Negeri (Kemlu), kembali menetapkan Unismuh Makassar sebagai salah satu dari 65 penyelenggara di Indonesia tahun 2023/2024.

Unismuh Makassar menjadi satu-satunya kampus di Sulawesi Selatan yang menerapkan Program Darmasiswa ini. Tahun ini, tiga mahasiswa asing mengikuti Program Darmasiswa di Unismuh Makassar.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Akiho Tsuji dan San Sano dari Jepang, serta Syed Adeel Sajid dari Pakistan. Tiga mahasiswa ini akan menghabiskan 10 bulan di Unismuh untuk mempelajari bahasa dan budaya lokal.

“Mereka tiba di Jakarta pada 28 Agustus 2023 dan mengikuti kegiatan orientasi hingga 31 Agustus sebelum berangkat ke Makassar,” ucap penanggungjawab program tersebut di Unismuh Makassar, Wildan Burhanuddin.

Menurut Wildan, ketiga mahasiswa ini akan fokus pada pembelajaran bahasa dan budaya. “Kelas bahasa dan budaya kami hanya berlangsung dua jam setiap Senin hingga Kamis. Selebihnya, kami berencana memperkenalkan mereka pada jurusan sesuai dengan bidang mereka,” tambahnya.

Salah satu mahasiswa, Akiho Tsuji, yang juga sedang menempuh studi S2 di bidang Sosiologi di Jepang, akan diberikan kesempatan untuk berbaur dengan mahasiswa jurusan Sosiologi di Unismuh. Syed Adeel Sajid akan bersosialisasi di Fakultas Pertanian, sedangkan San Sano di Prodi Bahasa Arab.

Program Darmasiswa pertama kali dimulai pada 1974 sebagai bagian dari inisiatif ASEAN dan kini telah melibatkan lebih dari 80 negara. Program ini bertujuan untuk mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda internasional dan meningkatkan hubungan antarbudaya. (Hikmah/B)

  • Bagikan