SMKN 1 Tator Akan Terapkan Sistem Sekolah Lima Hari

  • Bagikan
SMKN 1 Tana Toraja

TATOR, BACAPESAN.COM – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tana Toraja (Tator) akan menerapkan jam belajar baru yakni sekolah lima hari atau yang biasa disebut full day school (Belajar Seharian).

Itu, sesuai Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 23 tahun 2017 tentang hari sekolah dimana pada salah satu pasal mengatur tentang jam belajar dalam 1 hari 8 jam atau 40 jam selama lima hari ( Senin-Jumat).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Tator, Oktovianus Tonapa Ganna menjelaskan, pihaknya akan menerapkan sekolah lima hari dalam waktu dekat dan saat ini dalam proses persiapan jelang ditetapkannya.

Dikatakan sistem jam belajar yang baru dimana siswa akan belajar hanya lima hari yakni Senin sampai Jumat dan jam belajar akan dimulai pada pukul 07.30 pagi dan akan pulang pada pukul 15.30 WITA.

“Iya, sementara kami susun jadwal jam belajar yang baru dan akan diterapkan dalam waktu dekat, setelah semua persiapan sudah selesai,” ujar Oktovianus.

Untuk itu, jelang akan diberlakukan sistem belajar lima hari maka dirinya mengimbau siswa untuk memperiapkan diri, selalu menjaga kesehatan dan juga agar jika diberlakukan sistim baru itu maka siswa diharapka membawah bekal dan air minum dari rumah, karena disela-sela jam belajar akan ada waktu untuk istarahat yang bisa dipergunakan untuk makan.

“Karena pembelajaran ini sampai sore maka dihimbau kepada semua siswa untuk membawa bekalnya ke sekolah dan juga air minum,” ucapnya.

Ditambahkan Oktovianus, SMKN 1 terdiri dari 8 program atau jurusan yakni Teknik Pengelasan, Desaig Konstruksi dan Perumahan (DKP), Teknik Kompute dan Jaringan (TKJ), teknik instalasi tenaga listrik, teknik audio vidio, design permodelan dan informasi bangunan, teknik elektro, dan teknik otomotif. Dengan jumlah siswa/siswi mencapai 1250 siswa. (Cherly/A.

  • Bagikan