BPJS Keliling Menawarkan Kemudahan Layanan Administrasi Bagi Masyarakat Desa Madello

  • Bagikan

BARRU, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan dengan melaksanakan layanan BPJS Keliling yang rutin dilaksanakan setiap hari.

Layanan ini bertujuan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi. Kali ini Kantor Cabang Parepare menggelar layanan BPJS Keliling di Puskesmas Madello, Kabupaten Barru, Jumat (15/09).

BPJS Keliling memberikan akses kepada masyarakat yang tempat tinggalnya berada jauh dari kantor BPJS Kesehatan dengan menawarkan berbagai jenis pelayanan mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan layanan BPJS Keliling rutin dilaksanakan dan tidak hanya berfokus di Kota Parepare, layanan BPJS Keliling ini dilaksanakan hingga ke beberapa kabupaten yang berada di wilayah kerja Parepare.

“Pelayanan mobil BPJS Keliling ini dilakukan untuk memberikan kemudahan layanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat khususnya di Desa Madello, Kabupaten Barru. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan bisa datang langsung berkunjung, nantinya akan dilayani oleh pegawai yang bertugas hari itu,” ujar Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati berharap layanan BPJS Keliling ini bisa menjadi solusi dan akan terus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

“Semoga melalui layanan ini BPJS Kesehatan semakin dekat dengan masyarakat dan lebih mempermudah layanan kepada peserta JKN. Hal ini juga menjadi salah satu upaya dalam peningkatan transformasi mutu layanan,” tutup Andi Rismaniswati.

Berada sekitar lima puluh kilometer dari Kota Parepare dan sekitar dua puluh kilometer dari Kabupaten Barru, masyarakat di Desa Madello sangat antusias mengujungi layanan BPJS Keliling. Transportasi umum yang masih jarang dan berbagai kesibukan menjadi kendala yang kerap mereka hadapi saat harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Salah satu masyarakat Desa Madello, Nurmiah sangat bersyukur dengan kehadiran layanan BPJS Kesehatan di lingkungannya. Menurutnya, ia tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pengecekan kartunya.

“Sebenarnya tadi itu saya hanya mau membantu keluarga untuk mengecek keaktifan kartunya, tapi karena saya lihat prosedurnya tidak ribet akhirnya saya turut serta mengecek kartu saya,” ungkap Nurmiah.

Tidak hanya mengecek keaktifan kartunya, Nurmiah juga mengaku mendapatkan edukasi dari pegawai yang bertugas terkait berbagai layanan tanpa tatap muka yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat tanpa harus berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Tadi pegawai BPJS Kesehatan yang bertugas menjelaskan tentang Aplikasi Mobile JKN serta cara mengunduhnya. Saya lihat fitur-fiturnya sangat lengkap dan benar-benar memudahkan, tapi sayang ponsel yang saya miliki tidak mendukung,” ungkapnya.

Senada dengan Nurmiah, masyarakat Desa Madello lainnya yang berkunjung ke layanan BPJS Keliling sangat mengapreasiasi kegiatan ini. Ia adalah Nur Abidin, yang memperoleh informasi tentang Layanan BPJS Keliling dari media sosial salah satu pegawai puskesmas.

“Saat saya melihat di media sosial bahwa akan ada layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Madello, saya langsung bergegas ke sana. Karena anak saya masih kecil, jadi tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk perbaikan datanya,” tuturnya.

Nur Abidin yang terdaftar sebagai Peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini sadar akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan, apa lagi karena ia pernah memanfaatkan layanan Program JKN.

“Program JKN ini sangat penting bagi saya dan keluarga, apa lagi karena saya sering menggunakannya mulai dari pemeriksaan kehamilan hingga sampai proses melahirkan. Nah, anak yang saya lahirkan inilah saya urus perbaharuan datanya,” tutup Nur Abidin. (***)

  • Bagikan