Parepare Jadi Lokus Verifikasi Lapangan Eradikasi Frambusia Tahun 2023

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota Parepare, melalui, Dinas kesehatan kota Parepare menerima kunjungan tim dari provinsi Sulawesi Selatan, yang akan melakukan asesmen terkait masalah evaluasi Eradikasi frambusia Di Sulawesi Selatan di kota parepare, Kamis (21/9/2023).

Eradikasi frambusia merupakan upaya pembasmian berkelanjutan untuk menghilangkan frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan secara nasional.

Hanya dua kabupaten kota di provinsi Sulawesi Selatan yang lolos masuk tahap verifikasi lapangan Eradikasi frambusia atau menjadi lokasi kunjungan dari tim Kementerian kesehatan Republik Indonesia dalam waktu dekat ini.

“Kegiatan frambusia Ini memang jauh jauh hari kita siapkan untuk menghadirkan sertifikat Eradikasi frambusia di kota parepare” ungkap Kepala bidang kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan dan pengendalian pencegahan penyakit, dinas kesehatan kota Parepare.

Edy Kusuma Suhardi yang juga mengungkapkan sejauh ini pihaknya telah melakukan sejumlah Persiapan, beberapa diantaranya, rutin melakukan sosialisasi dan skrining terkait masalah Eradikasi frambusia di masyarakat.

“Salah satu syarat utama acuan yang menjadi indikator penilaian yakni tiga tahun berturut-turut zero kasus, dan syarat ini berhasil dipenuhi kota Parepare, di mana
Berdasarkan data yang ada selama 5 tahun ini Parepare tercatat zero kasus”. Jelas edy.
(***)

  • Bagikan