Resmikan Loket Pelayanan Informasi, Walikota Parepare Apresiasi Kemudahan Pelayanan bagi Masyarakat

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Berbagai inovasi untuk menghadirkan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara, senantiasa dihadirkan dan dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya melalui Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response (POROS), yang secara serentak diluncurkan bersamaan se-Indonesia, termasuk di Kota Parepare, Jumat (29/09).

Secara khusus, peluncuran loket pelayanan informasi untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Parepare, dilaksanakan di Rumah Sakit Andi Makkasau Kota Parepare dan dihadiri langsung oleh Walikota Parepare, Direktur Rumah Sakit Andi Makkasau, beserta seluruh Direktur Rumah Sakit se-Kota Parepare dan organisasi profesi, IDI, PDGI, IAI, PPNI, dan IBI.

Walikota Parepare, Taufan Pawe yang hadir secara langsung dan meresmikan Loket Pelayanan Informasi tersebut menyampaikan bahwa loket informasi yang diluncurkan sejalan dengan semangat Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sejak awal adanya Program JKN, ini menunjukkan bahwa negara ingin hadir dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semangat memberikan pelayanan kesehatan ini sebenarnya juga sudah lama kita miliki, yaitu sejak dibentuknya layanan 112 di Kota Parepare, yang dapat dihubungi 24 jam oleh masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Dan dengan diluncurkan dan diresmikannya Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response hari ini, menambah lagi sistem yang ada untuk memudahkan masyarakat Kota Parepare dalam memperoleh layanan, yang dalam hal ini berbentuk digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Taufan Pawe menyampaikan bahwa dibutuhkan sinergitas dan komunikasi yang baik untuk mewujudkan kemudahan layanan ini, sehingga harapan untuk pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara dapat terwujud.

“Dengan adanya kemudahan ini, proses pelayanan kesehatan di Kota Parepare menuju ke peradaban yang lebih baik. BPJS Kesehatan telah menghadirkan pelayanan informasi yang sangat luar biasa, sehingga kita sangat bersyukur dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menyampaikan bahwa peluncuran POROS ini merupakan wujud dari transformasi mutu layanan, sehingga diharapkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berobat di rumah sakit, dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara.

“Harapan kami dengan adanya loket ini, dapat memaksimalkan pelayanan kepada peserta, sehingga kebutuhan peserta JKN akan kemudahan layanan informasi dan pengaduan, dapat terpenuhi,” ungkap Andi Rismaniswati.

Selain itu, Andi Rismaniswati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Parepare dan manajemen rumah sakit atas dukungan yang selama ini telah diberikan, sehingga dapat bersinergi bersama dalam memberikan kemudahan layanan kepada peserta JKN.

“Kami harap implementasi layanan ini dapat meningkatkan mutu dan mendorong kualitas layanan menjadi lebih baik, oleh karena itu dukungan seluruh pihak sangat dibutuhkan dan kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan selama ini, terutama kepada Rumah Sakit Andi Makkasau dan secara khusus kepada Pemerintah Kota Parepare beserta jajaran,” tuturnya.

Andi Rismaniswati juga mengapresiasi atas berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh kepada masyarakat Kota Parepare sehingga mencapai Universal Health Coverage (UHC) lebih awal, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden.

Pada kesempatan itu pula, BPJS Kesehatan juga memberikan sertifikat apresiasi kepada Rumah Sakit Andi Makkasau, sebagai peringkat pertama kategori Rumah Sakit Tipe B fasilitas kesehatan yang berkomitmen dalam Program JKN Tahun 2023. Taufan Pawe, yang menerima langsung sertifikat tersebut, menyampaikan apresiasi kepada jajaran manajemen rumah sakit yang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Parepare. (***)

  • Bagikan