Garda Raskin, Program Pemberdayaan Masyarakat Entaskan Kemiskinan di Pangkep

  • Bagikan
Bupati Pangkep MYL Temui Warga

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Upaya pengentasan kemiskinan melalui intervensi masif seluruh pihak gencar dilakukan di Kabupaten Pangkep. Salah satunya kegiatan pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat miskin, yang digelar lewat program Garda Raskin, di Kantor Kelurahan Sapanang, Kecamatan Bungoro, Sabtu (30/9).

Hadirnya Program Garda Raskin yang merupakan akronim dari “Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Miskin” ini, dilatarbelakangi oleh niat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang saat ini masuk dalam kategori miskin.

Program Garda Raskin sendiri merupakan implementasi dari rencana aksi perubahan, pelatihan kepemimpinan administratur angkatan VI LAN RI Makassar yang digawangi oleh, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappelitbangda kabupaten Pangkep,Nahjar.

“Program ini, untuk bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pangkep, yang tentu menyasar masyarakat kita yang masuk dalam kategori miskin,” ungkap Nahjar.

Dijelaskannya, jika Garda Raskin akan mensinergikan antara potensi CSR yang dimiliki oleh beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Pangkep dengan kebutuhan masyarakat miskin yang menginginkan kehidupan ekonominya lebih baik.

“Sebagai contoh kegiatan kita ini diikuti oleh Ibu rumah tangga yang telah diseleksi oleh pihak kelurahan, yang memang tercatat sebagai warga tidak mampu, mereka mendapatkan pelatihan pembuatan kue dengan instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK),Dinas Tenaga Kerja Pangkep,” Jelas Nahjar.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) yang menyempatkan diri mengunjungi pelatihan tersebut berharap agar peserta serius mengikuti peningkatkan keterampilan wirausaha tersebut.

“Jadi alumni pelatihan Garda Raskin ini bisa membentuk kelompok usaha agar nantinya, bisa mendapat bantuan peralatan dan pendampingan berkelanjutan,” terang MYL.

Lurah Sapanang, Amiruddin Halim yang hadir langsung dalam kegiatan mengapresiasi program Garda Raskin tersebut. Pihaknya siap memberi ruang usaha sebagai bagian mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sudah cicipi kualitas donat dari pelatihan ini, kualitasnya bagus dan tidak kalah enaknya, kita nanti pesan di setiap pertemuan tingkat kelurahan, jika memungkinkan produk usaha ini kita bantu pasarkan,” singkat Amiruddin Halim.

Program Garda Raskin sendiri mengusung 3 (tiga) langkah strategis dalam pengentasan kemiskinan, yakni menurunkan beban pengeluaran melalui pemberian bantuan sosial dan jaminan kesehatan masyarakat, membangun aksesibilitas/transportasi yang terhubung ke wilayah kategori miskin serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Kedepannya pemberdayaan masyarakat melalui Garda Raskin akan dimaksimalkan di semua desa dan kelurahan di kabupaten Pangkep, dengan melibatkan semua unsur baik unsur pemerintah, perusahaan, akademisi, hingga masyarakat.(*)

  • Bagikan