Ketua Umum PJI Lantik Pengurus Daerah Sulsel Periode 2023-2028

  • Bagikan
Pelantikan Pengurus PJI Sulsel

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko melantik Pengurus Daerah (Pengda) PJI Sulsel Periode 2023-2028 di Karebosi Kondotel, Sabtu (30/9).

Pelantikan yang mengusung tema “Konsisten Merawat Kemerdekaan Pers” tersebut disaksikan langsung Kabid Humas Polda yang diwakili oleh AKP Sirajuddin, Mapolrestabes Makassar yang diwakili Kasi Humas AKP Wahid dan Staf Ahli Gubernur Bidang Bidang Pemerintahan Sub Bidang Hukum, Abdul Malik Faisal yang dalam hal ini mewakili Pj Gubernur Sulsel dan puluhan anggota PJI Sulsel.

Ketua Panitia Kegiatan, Rubianti Sdikio dalam laporannya mengungkapkan kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja (Raker) ini merupakan ajang silaturahmi untuk membangun kolaborasi yang bermuara pada pers yang sehat.

“Sebelumnya kita telah melakukan pemilihan Ketua PJI Sulsel melalui Konfrensi Daerah (Konferda). Dari dua kandidat, Syafril Rahmat terpilih sebagai ketua,” ucap Rubianti.

Ke depan Rubi–sapaan akrabnya berharap PJI mampu menjadi wadah pengembangan guna menciptakan kebebasan pers, terlebih saat ini mendekati musim Pilkada.

Ketua PJI Sulsel Periode 2023-2028, Syafril Rahmat dalam sambutannya berharap PJI mampu menjadi mitra strategis dalam hal edukasi dan literasi.

“Kami berharap ke depan bisa terus menjadi wadah profesionalisme bagi jurnalis,” harapnya.

Sementara Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko mengimbau para jurnalis terus bersinergi dengan berbagai lembaga dan instansi serta membangun kemandirian.

“Tadi disampaikan kondisi Demokrasi jurnalis menjadi bagian penting, tapi lebih penting lagi polisi dan Polri olehnya perlu saling bersinergi,” pungkasnya

“Kemerdekaan pers juga terus di perjuangkan, namun yang terpenting saat ini bagaimana membangun kemandirian pers. Jurnalis memang merupakan sebuah profesi tetapi para jurnalis harus menjadi mandiri,” katanya.

“Jacob Oetama misalnya, dia seorang jurnalis profesional tetapi juga pengusaha yang sukses. Jurnalis itu panggilan, namun kita harus menjadi jurnalis yang mandiri. kalau bisa kita berkolaborasi baik TNI Polri. Contoh di Sumatra Selatan kami manfaatkan lahan nganggur,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Mewakili PJ Gubernur Sulsel, H Abdul Malik Faisal mengungkapkan era saat ini jurnalis memiliki peran penting dalam menjaga kredibilitas informasi dimana saat ini siapa saja bisa menyebarkan informasi.

Dirinya juga berharap PJI Sulsel mampu melahirkan program yang sejalan dengan program prioritas PJ Gubernur dalam waktu satu tahun ke depan. (*)

  • Bagikan