Antusiasme Warga Desa Sabbang Paru Saat Menyambut Petugas BPJS Keliling

  • Bagikan

PINRANG, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Sejak tahun 2014, BPJS Kesehatan diberikan amanah oleh pemerintah untuk mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini bertujuan untuk memastikan akses pelayanan kesehatan yang lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang tidak mampu untuk membayar biaya pelayanan kesehatan yang mahal.

Program JKN hadir sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi beban finansial kesehatan dengan memberikan jaminan biaya kesehatan yang terjangkau. Masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN dapat mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya, salah satunya dengan rutin melaksanakan layanan BPJS Keliling. Layanan jemput bola ini bertujuan untuk mengurangi jarak dan waktu yang harus ditempuh oleh masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan administrasi.

Hal inilah yang tengah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Parepare di Kantor Desa Sabbang Paru, Kabupaten Pinrang, Rabu (06/11). Layanan BPJS Keliling ini memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya di wilayah setempat dalam mengakses layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Antusiasme masyarakat Desa Sabbang Paru sangat jelas terlihat saat mengunjungi layanan BPJS Keliling ini. Hal ini terlihat dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung, hingga mencapai 60 orang. Lokasi yang jauh dari kota dan transportasi umum yang masih jarang jadi kendala yang kerap mereka hadapi saat harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Nureni, salah satu masyarakat yang berkunjung ke layanan BPJS Keliling mengaku sangat terbantu dengan kunjungan yang dilaksanakan oleh pihak BPJS Kesehatan. Ia bersyukur karena bisa melakukan pengecekan keaktifan data kepesertaan JKNnya tanpa harus ke kantor.

“Dengan adanya kunjungan dari BPJS Kesehatan, kami tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan karena jaraknya lumayan jauh, kira-kira 50 menit dari tempat kami,” ungkap Nureni.

Ia merasa senang karena ada banyak layanan yang bisa diakses, mulai dari layanan administrasi, pembayaran iuran hingga menyampaikan keluhan yang mereka rasakan.

“Pegawai yang bertugas juga sangat ramah melayani kami, meskipun di tengah cuaca yang panas. Kami juga mendapat edukasi terkait penggunaan NIK sebagai identitas peserta JKN,” puji Nureni.

Senada dengan Nureni, Rasna yang juga berkunjung ke layanan ini mengaku sangat dimudahkan mengecek keaktifan kartu JKN miliknya tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Ia juga bisa menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada pegawai yang bertugas.

“Saya bersyukur karena layanan yang dihadirkan BPJS Kesehatan ini bisa mengurangi jarak dan waktu kami saat harus mengakses layanan kepesertaan JKN. Kami yang tinggal di daerah pelosok juga bisa merasakan pelayanan yang ramah dari pegawai BPJS Kesehatan, sama seperti masayarakat yang berkunjung ke kantornya,” terang Rasna.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful mengatakan bahwa kegiatan BPJS Keliling ini merupakan upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kepuasan peserta serta sebagai bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang.

“Pelayanan BPJS Keliling ini dapat memberikan pelayanan administrasi kepesertaan yang lebih mudah kepada masyarakat di Desa Sabbang Paru Kabupaten Pinrang. Peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi hingga informasi mengenai layanan tanpa tatap muka, bisa datang langsung dan dilayani oleh pegawai yang bertugas,” ujar Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati berharap semoga dengan kegiatan ini, BPJS Kesehatan jadi lebih dekat dengan masyarakat sampai ke pelosok, sehingga seluruh peserta JKN mendapatkan informasi dan layanan administrasi yang setara.

“Semoga masyarakat yang berkunjung jadi lebih paham pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan bisa kembali menyosialisasikan program JKN kepada kerabatnya,’” tutupnya. (***)

  • Bagikan