Lurah Lakessi Parepare Ajak Tenaga Penyuluh Bersinergi Tingkatkan Produktivitas SDM Pembudidaya Ikan Tawar

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Merenspon kunjungan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, di salah satu lokasi pembudidayaan ikan air tawar yang dikelola secara swadaya oleh warga di Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Lurah Lakessi, Muhammad Fadel, berinisiatif mengajak tenaga penyuluh perikanan pada Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Parepare, sambangi lokasi budidaya ikan air tawar warga, Senin (6/11/2023).

Fadel mengatakan, meski bukan wilayah kelurahan yang dipimpinnya, namun sebagai aparatur pemerintahan, pihaknya merasa berkewajiban agar ikut bergerak berkolaborasi dengan mitra-mitra yang ada di kelurahan. “Salah satunya, penyuluh perikanan dari dinas PKP, yang ada dalam wilayah Kelurahan Lakessi,” katanya.

Fadel mengemukakan, bersama petugas penyuluhan perikanan, pihaknya mengunjungi lokasi pembudidayaan ikan air tawar di RW 8 RT 2 Kelurahan Bukit Harapan. Tujuannya, kata dia, untuk bertukar pikiran, sekaligus mengedukasi masyarakat pembudidaya ikan air tawar, yang dilakukan penyuluh perikanan.

“Meskipun bukan di wilayah kami, tapi kami tetap melakukan kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas SDM kepada setiap warga, tujuannya agar warga pembudidaya ikan air tawar bisa mengingkatkan hasil produksi ikan air tawarnya, sehingga berdampak poisitif terhadap kesejahtraan mereka, ke depan,” paparnya.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, mengunjungi salah satu lokasi pembudidayaan ikan air tawar milik warga di Kelurahan Bukin Indah. Penjabat walikota mengapresiasi kreatifitas warga pembudidaya Ikan tersebut karena usaha itu salah satu pengembangan sumber ekonomi masyarakat Parepare.

“Inovasi seperti ini kami apresiasi. Ini bukti warga kita kreatif memanfaatkan lahan kosong. Dengan adanya inisiatif tersebut saya pikir ini hal yang baik untuk kemajuan dan juga kelangsungan ekonomi masyarakat,” kata Akbar.

Akbar Ali menjelaskan, produksi dan kebutuhan masyarakat khususnya ikan air tawar, memiliki pangsa pasar yang cukup baik. Pihaknya berharap, peluang tersebut digunakan masyarakat dengan membuka lapangan kerja, dengan membuka pembudidayaan ikan air tawar. “Kita juga meminta agar dinas terkait (PKP) memberikan perhatian khusus bagi pelaku usaha kecil dan Industri rumahan ini, karena sasarannya jelas kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.
(***)

  • Bagikan