Rakernas BKS PTIS di UIR, PTIS Harus Lebih Unggul dan Mandiri

  • Bagikan
Pengurus Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta Indonesia (BKS-PTIS) masa amanah 2023-2027 dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Dr (HC) H.M Jusuf Kalla di Auditorium Universitas Islam Riau (17/11)

“ Beliau memberi contoh bagaimana berusaha dan menjadikan usaha dengan niat ibadah, usaha harus didasarkan pada niat ibadah, bukan untuk kekayaan. Niat berbisnis bukan untuk kaya, tapi jadikan ibadah”tegas  Ketua Pengurus YW UMI 1992-1994  

JK juga menekankan bahwa keterampilan berdagang juga merupakan sunnah Nabi yang patut diteladani.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, M. Job Kurniawan dalam sambutan mewakili Gubenur Riau berharap, BKS PTIS  mampu menjadi wadah dalam merancang rencana strategis dalam menghadapi tantantangan dalam dunia pendidikan Indonesia dan  menjadi   sarana komunikasi dan kolaborasi antar Perguruan Tinggi Islam Swasta untuk  melahirkan inovasi  baru dalam dunia pendidikan.

 “Kepada Pengurus yang baru dilantik oleh Bapak Wapres Ri ke 10 dan 12, kami ucapkan selamat dan  berharap BKS PTIS dapat membawa pengaruh positif bagi kemajuan Perguruan Tinggi yang mandiri dan mendunia,” ungkap Asisten II.

Ketua Umum BKS PTIS, Prof.  Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph., menyampakan  seiring dengan pusaran globalisasi, perguruan Tinggi dituntut untuk terus berubah dalam meningkatkan daya saing dan wajib memiliki kemandirian. Baik kemandirian secara ekonomi, pengembangan sumber daya alternatif, maupun kebebasan akademik.

“Kampus harus diupayakan untuk tetap menjadi pilar yang kalis dari kepentingan jangka pendek,”tegasnya.

Selain itu katanya, agar tidak tertinggal, Perguruan Tinggi Islam harus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin modern.

“Masa depan Perguruan Tinggi harus didesain dengan serius. Jika tidak, maka orang lain yang akan mendesain masa depan kita dan kita hanya jadi penonton,”  ujar Rektor UII.

Ketua Panitia yang Rektor UIR dan  Sekjen BKSPTIS, Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., M.C.L., dalam sambutan selamat datang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada 200 pimpinan Peguruan tinggi Islam Swasta se Indonesia yang hadir dalam acara Rakernas BKS PTIS yang berlangsung tanggal 17-18 Novebver 2023.   

  • Bagikan