Rakernas BKS PTIS di UIR, PTIS Harus Lebih Unggul dan Mandiri

  • Bagikan
Pengurus Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta Indonesia (BKS-PTIS) masa amanah 2023-2027 dilantik oleh Ketua Dewan Penasehat Dr (HC) H.M Jusuf Kalla di Auditorium Universitas Islam Riau (17/11)

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina  BKS PTIS yang juga Ketua Pengurus YW UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA dalam sambuatnya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Pengurus BKS PTIS 2023-2027 yang baru saja dilantik. 

Kesempatan tersebut, Ketua Pengurus YW UMI ini  juga menyampaikan bahwa rakernas BKS PTIS bertujuan  untuk menyatukan dan menyamakan persepsi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan subtantif PTIS se Indonesia  

“ Saya berharap program ke depan, pastinya menyatukan persepsi kerjasama berlandaskan PTIS yang kuat untuk menyantuni PTIS yang membutuhkan.  Melakukan penguatan secara internal maupun eksternal melalui penyampaian program kerja setiap bidang, ujar Mantan ketua Umum BKS PTIS ini  

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH.,MH., di sela acara menyampaikan, bahwa organisasi BKS PTIS merupakan   sarana untuk saling berbagi dan menginspirasi antar Perguruan Tinggi Islam Swasta se Indonesia untuk berkomitmen dengan kerjasama, saling menguatkan membangun kemandirian untuk menuju visi menjadi universitas islam berkelas dunia.  

Dalam kegiatan tersebut, hadir  Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek RI Dr. Lukman, S.T., M.Hum,   memberikan Pidato Inspirasi. Dengan mengusung tema “Kebijakan Pendidikan Tinggi Indonesia” memberikan gambaran terkait pembaharuan informasi pada sisi strategis kebijakan tinggi perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini,  pada hari pertama setelah pelantikan dan penyampaian materi inspirasi dilanjutkan  kegiatan bedah buku Peta Jalan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang ditulis oleh Zaenal Muttaqin. Buku hasil riset ilmiah Prof. Fathul Wahid., ST., M.Sc., Ph.D. dan tim LP3ES menggambarkan roadmap PTS Islam di Indonesia.  

Hari kedua, 18 November 2023, dilaksanakan  Rapat Kerja Nasional diawali  pemaparan Kebijakan Umum dan Penjaringan Aspirasi oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D dan Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L.

Setelah itu dilanjutkan Sidang komisi (Paralel) Komisi 1 bidang Akademik, Organisasi, dan Kelembagaan, Komisi 2 bidang Kemahasiswaan dan Nilai-Nilai Keislaman. Komisi 3 bidang Kerja Sama, Pendanaan, dan Alumni, dan Komisi 4 bidang Perumusan Naskah Seruan Moral. Kegiatan ditutup dengan Sidang Pleno Laporan per komisi dan Pembacaan naskah seruan moral.

Nampak hadir, Jajaran Dewan Penasehat, Prof. Edy Suandi Hamid, Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, Prof. Dr. Musliar,  Jajaran Pengurus BKS PTIS, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia, 

Dari Universitas Muslim Indonesia, hadir Ketua Pembina YW UMI, Prof. Dr. H Mansyur Ramly, yang juga anggota Dewan Penasehat BKS PTIS, Ketua Pengurus YW UMI, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA yang juga Ketua Dewan Pembina BKS PTIS, Ketua Pengawas, Prof. Dr. H Syahrir Mallongi, SE.,Msi., Rektor UMI, Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH.,MH., Wakil Rektor IV UMI, Dr. KH IShaq Shamad, MA, Kepala Humas, Protokoler dan kerjasama, Dr. Hj. Nurjannah Abna,M.Pd. hadir Rektor Universitas Islam Makassar, Prof. Dr. KH Muammar Bakry,Lc.,MA., juga Rektor Universitas Andi Djemma, Dr. Ir. H. Annas Boceng, MS dan beberapa pimpinan perguruan tinggi islam swasta se Indonesia. (*)

  • Bagikan