Jelang Pemilu, Tular Nalar Gelar Sekolah Kebangsaan

  • Bagikan
Tular Nalar gelar Sekolah Kebangsaan di aula UKI Toraja, Senin, 20 November 2023

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 biasanya banyak hoaks yang beredar di masyarakat, karena itu Tular Nalar untuk pertama kali gelar sekolah kebangsaan tular nalar di Aula UKI Toraja, Senin, 20 November 2023.

Kerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan geogle.org. Dengan tema mengenal fakta, menghindari hoaks, menolak fitnah. Pesertanya sebanyak 100 orang mahasiswa lintas program studi (Prodi), dengan melibatkan fasilitator kolaborasi mahasiswa dan dosen yang telah melalui tahapan Training Of Trainer (TOT).

Menurut ketua PIC wilayah Toraja, Sushy Teko Patanduk kepada rakyatsulsel.co disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan yang pertama dilakukan oleh tular nalar di Toraja dengan melibatkan Universitas Kristen (UKI) Toraja sebagai salah satu institusi untuk melakukan kegiatan, dan salah satu program tular nalar pembekalan kepada pemilih pemula dan lanjut usia (lansia), karena jelang pemilu ada banyak potensi hoaks yang beredar di masyarakat terutama pengguna media sosial (medsos), karena tular nalar ini merupakan edukasi berbasis digital.

Dijelaskan Sushy bahwa target kegiatan tular nalar ini adalah pemilih pemula dan lansia. Dan karena ini pertama dilaksanakan maka dipilih untuk pemilih pemula kalangan mahasiswa dengan memberikan mereka pembekalan tentang pemilu, tahapannya dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih. Terutama terkait hoaks yang beredar di masyarakat jelang pemilu, mereka dibekali bagaimana mengetahui mengecek fakta agar terhibdar dari hoaks dan bisa bisa berhenti di mereka.

“mereka dibekali dengan informasi tentang pemilu, tahapan dan dibekali bagaimana mengenali fakta, bagaimana memilah informasi. Karena tidak semua informasi yang beredar dimasyarat benar, sehingga mereka punya filter yang mana yang perlu disharing, bahkan kalau pun berita itu fakta jika tidak bermanfaat tidak perlu diteruskan bahkan kalau itu hoaks stop sampai di mereka“ beber Sushy.

Dirinya berharap kedepan bisa terus dipercaya untuk melakukan kegiatan tular nalar di Toraja, sehingga berharap kedepan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan bisa kerja sama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada, organisasi Gereja lain seperti Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja (Getor) yang memiliki kelompok Lansia, dan juga pemuda dan bahkan berharap kedepan bisa kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang ada.

Menurut Dekan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKI Toraja, Daud Rodi Palimbong dalam sambutannya mengapresiasi tular nalar Toraja yang melaksanakan kegiatan seperti ini karena hal ini sangat bermanfaat bagi mahaiswa terutama mereka yang pemilih pemula jelang pemilu ini. Dan ini merupakan bagian dari kerja sama dengan Mafindo.

  • Bagikan