BI Sulsel Gelar Gebyar Literasi

  • Bagikan
Deputi Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba tulis artikel kategori Jurnalis

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bank Indonesia Menggelar Bedah Buku dan Sosialisasi ekonomi Syariah bertajuk Gebyar Literasi di Baruga Phinisi KPW BI Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini menghadirkan para penggiat literasi yang berasal dari Mahasiswa, Jurnalis dan staf Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan yang dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba artikel yang diikuti puluhan Jurnalis Makassar dan lomba resensi buku kategori umum.

Dalam kegiatan ini yang dibuka langsung Deputi Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana ini, Bank Indonesia turut menghadirkan tiga penulis buku Sulsel yang sukses berkiprah di bidang literasi seperti Ibe S. Palogai dengan judul buku Cuaca Buruk Sebuah Buku Puisi, Faizal Oddang dengan karyanya Tiba Sebelum Berangkat dan Makmur Jaya dengan karya Mengalir Ke Hilir Pesona 101 Air Terjun di Sulawesi Selatan.

Sementara pada sosialisasi ekonomi Syariah, Manajer KPw BI Sulsel Rafdy Hifdurrahman sebagai pemateri menjelaskan saat ini Bank Indonesia terus berperang aktif BI dalam pengembangan ekonomi syariah yang diwujudkan melalui berbagai strategi seperti pemberdayaan pesantren, edukasi ekonomi syariah dan dukungan fasilitas sertifikasi halal.

Rafdy mengungkapkan, pada pekan gelaran ekonomi syariah tahun 2023 berhasil menobatkan Sulsel sebagai juara pertama dan meraih penghargaan Anugerah Adinata Syariah.

“Pemulihan ekonomi turut mendukung peningkatan pangsa aktivitas usaha Syariah meningkat mencapai 45,66 persen. Selain itu, literasi ekonomi syariah mengalami peningkatan menjadi 23,3 persen pada 2022,” ujarnya

Saat ini, BI terus mendorong pengembangan ekonomi syariah melalui tiga strategi utama yaitu pembentukan ekosistem produk halal, penguatan pembiayaan syariah dan mengimplementasi halal lifestyle. (Hikmah)

  • Bagikan