Catat Pertumbuhan Menggembirakan di Tahun 2023, BI Prediksi Ekonomi Melaju dan Inflasi Mereda Tahun Depan

  • Bagikan
Taklimat Media oleh pimpinan BI Sulsel

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sulawesi Selatan mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan III diangka 4,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, perekonomian Sulawesi Selatan selama tahun 2023 direntang 4,5 persen hingga -5,0 persen.

Angka ini cukup menggembirakan mengingat gejolak perekonomian global di tahun 2023 menjadi hambatan bagi seluruh negara di dunia. Di susul krisis iklim menyebabkan elnino berlangsung hingga tiga bulan lamanya.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, pertumbuhan ekonomi yang dicatatkan Sulawesi Selatan menunjukkan ketahanan ekonomi yang tetap baik dalam meminimalkan dampak negatif rambatan global begitupun krisis iklim.

“Pertumbuhan ekonomi saat ini diangka 4,5 hingg 5 persen. meski agak rendah hal ini disebabkan ketegangan ekonomi dunia dan elnino,” Ucapnya dalam kegiatan Taklimat Media di Kantor Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Senin (11/12/2023).

Lebih jauh, Pak Ci sapaan akrabnya mengungkapkan prediksi perekonomian di tahun 2024 akan tumbuh di rentan 4,7 persen hingga 5,5 persen.

“Pendorongnya peningkatan kebutuhan masyarakat di era pemilu dan meredahnya elnino. Sinergi pemerintah dan semua stakeholder juga menjadi sangat baik termasuk pengendalian inflasi,” pungkasnya.

Sejalan dengan itu, capaian inflasi di Sulsel semakin terkendali terjaga dalam rentang sasaran inflasi nasional kurang lebih 3 persen yang menunjukkan tren penurunan jika dibandingkan pada awal tahun 2023 sebesar 5,83 persen menjadi 2,79 pada November 2023.

  • Bagikan