Kakanwil Harun Sulianto Serahkan Penghargaan KKP HAM Kepada Pemda Belitung dan Belitung Timur

  • Bagikan

“Besar harapan, semoga ke depannya kita senantiasa dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam memperjuangkan dan melindungi hak asasi manusia yang merupakan hak dasar setiap individu,” pungkas Khairil Anwar.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengungkapkan bahwa ada 7 Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Babel, dan seluruhnya mendapatkan predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM (KKP HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM.

Harun menyebutkan, tujuan dari KKP HAM sendiri yaitu untuk mewujudkan pemajuan HAM secara menyeluruh di Kabupaten/ Kota, serta sebagai mekanisme pemantauan Pemerintah Daerah dalam memenuhi kewajiban HAM dalam setiap tahunnya.

Menurut Harun, Indikator yang dinilai agar mendapatkan predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya terpenuhinya hak sipil dan politik, yang terdiri atas hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam Pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, serta hak atas kependudukan.

Kemudian terpenuhinya hak ekonomi, sosial dan budaya, yakni hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur yang telah bersinergi dalam Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan pengumpulan data dukung Kabupaten/ Kota Peduli HAM.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang HAM (Suherman), Kepala Bappeda Belitung (Nurman Sunanda), Kepala Diskominfo Belitung (M Iqbal), Kepala Kesbangpol Beltung (Fedi Malonda), Plh Kepala Bagian Hukum Belitung (Nuraini), Kepala Subbagian Prokopim Belitung (M. Ihsan), serta Kepala Subbagian Prokpim Beltim (Firmansyah). (*)

  • Bagikan