Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Konferda Notaris Wilayah Sulawesi Selatan

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak Hadiri Konferda Notaris Wilayah Sulawesi Selatan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak hadiri pembukaan Konfrensi Daerah (Konferda) Ikatan Notaris Indonesia di hotel claro Makassar, Senin (8/1). Adapun peserta notaris yang hadir dalam Konferda terdiri dari 304 notaris dari empat pengda.

Kegiatan ini mengangkat tema Mewujudkan Insan yang Berintegritas dengan Mengedepankan Etika dan Moral dalam Mewujudkan Perkumpulan yang Bermartabat. Adapun 4 (empat) Pengurus Daerah yang menggelar Konferda yakni Pengurus Daerah Makassar, Gowa, Takalar dan Bone sekitarnya.

Liberti Sitinjak dalam sambutanya menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Sulsel mempunyai tanggungjawab dalam melakukan pengawasan dan pembinaan atas pelaksanaan jabatan notaris di wilayah Sulawesi Selatan.

“Pelaksanaan pengawasan dan pembinaan jabatan notaris dilaksanakan demi memastikan pemenuhan kebutuhan Masyarakat akan produk hukum yang berkepastian dan memiliki rasa keadilan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Liberti Sitinjak

Ditambahkan oleh Kakanwil bahwa selama tahun 2023 terdapat 16 pengaduan Masyarakat, 39 permintaan APH dan 8 rekomendasi MPDN terkait dengan jabatan Notaris.

Selanjutnya, Kakanwil mengucapkan selamat melaksanakan konferda”Ini merupakan salah satu bukti bahwa setiap organisasi harus melakukan sesuai dengan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART). Tertib AD/ART adalah bagian dari sebuah organisasi yang sehat dan dinamis,” jelas Kakanwil.

Pada akhirnya Kakanwil berpesan bahwa dirinya selaku perwakilan pemerintah tidak pernah berpihak pada salah satu pihak dalam dualisme kepemimpinan Ikatan Notaris Indonesia bahkan kakanwil berharap agar Sulsel tidak terdampak akan hal tersebut.

“Kalau bisa perbedaan pendapat diselesaikan secara internal melalui diskusi dan sinergitas antara anggota. Jadikan perbedaan pendapat sebagai hal untuk dapat melihat lebih jauh buah pikiran tiap individu anggota,” ungkap Liberti Sitinjak.

Kakanwil berharap para notaris senior untuk dapat mengajak notaris – notaris muda untuk duduk bersama dan saling bertukar pikiran demi kebaikan organisasi Ikatan Notaris Indonesia.

“Mari jaga stabilitas Sulawesi Selatan agar tetap kondusif jelang pemilu tahun ini,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Pengwil INI, Andi Sengngeng Pulaweng Salahuddin dalam kesempatan ini mengatakan kedepannya kita harus terus melangkah dan tetap bersandar pada nilai – nilai etika dan moralitas yang baik untuk melayani anggota dengan tulus dan memajukan perkumpulan yang bermanfaat.

Sambutan keempat ketua pengda INI yang diwakili oleh ketua pengurus daerah Gowa menyampaikan terima kasih kepada seluruh Notaris dan undangan yang hadir dalam kegiatan ini.

“Enam pengda yang ada di Sulawesi Selatan menitipkan harapan untuk konsisten bahu membahu, menjaga dan merawat pengda agar tetap berjalan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang ada,” terangnya.

Perwakilan para ketua pengda juga mengucapakan terima kasih pada kehadiran Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, semoga kehadiran Kakanwil dapat memeberikan semangat bagi para motaris untuk tetap konsisten menjalankan roda organisasi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sebelumnya panitia melaporkan bahwa kegiatna ini bertuajuan untuk menyegarkan organisasi dengan memilih pengurus baru agar dapat menjaga Marwah organisasi dari pihak – pihak yang mencoba keluar dari jalur agar organisasi ini dapat lebih maju dimasa yang akan datang.

“Diharapkan pengurus pengda yang terpilih dapat memberikan nuansa dan senantiasa meningkatkan solidaritas dan integritas para notaris yang akan berdampak pada maju dan berkembangnya pelayanan hukum di Sulawesi Selatan,” ucapnya. (*)

  • Bagikan