FK Unhas Gelar Baksos di 25 Puskesmas di Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebagai rangkaian Dies Natalies ke-68, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyelenggarakan bakti sosial (baksos) serentak di 25 Puskesmas se-Kota Makassar.

Dalam seremoni pelepasan yang berlangsung di Auditorium Prof. Amiruddin Unhas pada Kamis (25/1/2024), turut hadir Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD-KGH, Sp.GK(K) sebagai Dekan FK Unhas, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS (Ketua Umum IKA FK Unhas), DR. dr. Maisuri T. Chalid, Sp.OG(K) selaku Ketua Harian IKA FK Unhas dan penanggung jawab baksos Dies Natalis ke-68 FK Unhas, serta Prof. DR. dr. Syahrul Rauf, Sp.OG(K)Onk selaku Ketua panitia Dies Natalis ke-68 FK Unhas.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, menyatakan bahwa melalui kegiatan baksos ini, IKA FK ingin memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“IKA FK ingin berkontribusi secara nyata ke masyarakat melalui kegiatan baksos ini, yang bertema membangun generasi melalui peningkatan kesehatan perempuan dan anak,” ujarnya.

Oleh karena itu, IKA FK mengalokasikan satu angkatan untuk satu Puskesmas, dengan 50 orang alumni yang akan terlibat di setiap Puskesmas di Kota Makassar.

“Satu angkatan berjumlah 50 orang alumni, sehingga setiap Puskesmas akan dikunjungi oleh 50 dokter yang akan memberikan penyuluhan dan pengobatan gratis,” jelas Prof Haerani.

Ketua Umum (Ketum) IKA FK Unhas, Prof. Abdul Kadir, menyatakan bahwa bakti sosial ini melibatkan seluruh alumni FK Unhas dari semua angkatan dan merupakan bentuk nyata pengabdian FK Unhas kepada masyarakat.

“Bakti sosial ini diikuti oleh seluruh alumni FK Unhas, melibatkan semua angkatan di FK Unhas, dan merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian FK Unhas kepada masyarakat,” katanya.

Prof. Abdul Kadir, mantan Ditjen Kemenkes RI, menyebutkan bahwa jumlah alumni FK Unhas mencapai lebih dari 30 ribu orang, yang berkumpul bersama di Makassar untuk merayakan Dies Natalis FK ke-68, yang dirangkaikan dengan bakti sosial.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial mencakup edukasi, pemeriksaan langsung kesehatan masyarakat, dan berbagai kegiatan lainnya. Turun ke 25 Puskesmas di Makassar ini, tidak hanya melibatkan dokter umum, tetapi juga dokter spesialis dari semua angkatan.

“Inti utama dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk nyata pengabdian FK Unhas kepada masyarakat,” tukasnya.

Ketua Harian FK Unhas, DR. Maisuri, menambahkan bahwa kegiatan penyuluhan ini sejalan dengan program pemerintah dalam membangun generasi untuk kesehatan perempuan dan anak.

“Kegiatan penyuluhan ini tidak hanya sejalan dengan program pemerintah dalam membangun generasi untuk kesehatan perempuan dan anak, tetapi juga mencakup deteksi dini kanker payudara, deteksi kanker leher rahim, menopause, dan aspek kesehatan perempuan lainnya,” ujarnya. (Yadi)

  • Bagikan