100 Hari Kerja, Komisioner KPPU  Fokus Benahi Sektor Energi, Pasar Digital dan Pangan 

  • Bagikan
Hilman Pujana, Komisioner KPPU RI

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil VI Makassar, Hilman Pujana baru saja dilantik menjadi Komisioner KPPU RI.

Dalam agenda “Forum Jurnalis” yang diselenggarakan di Kantor KPPU Makassar, Jumat (2/2/2024), Hilman membagikan  fokus program 100 hari kerjanya.

Menurut Hilman, Komisioner KPPU RI saat ini fokus membenahi sektor energi dan sektor pangan pasar digital di Indonesia. pihaknya merujuk pada indeks persaingan usaha dimana ada sektor-sektor yang perlu di perhatikan.

Menurut Hilman, pasar digital ini konsepnya memerlukan tatanan jadi tidak bisa secara sektoral. “Jika berkaca pada undang-undang IT, digital perdagangan memiliki Undang-undang, industri digital juga ada Undang-undang sehingga  KPPU disini  mendorong disusunnya Undang-undang pasar digital,” ucapnya.

“Undang-undang ini masih on going, di google masih ada penegakan hukum di update tersendiri. Kami belum  bisa menyampaikan secara detail program yang tidak hanya berfokus di Sulsel tetapi di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Fokus lain ada pula di sektor energi pertambangan dan ketahanan pangan. Salah satu yang senter diberitakan adalah  harga avtur.

“Energi juga menjadi salah satu fokus kami, salah satunya industri penerbangan. Tiket mahal karena avtur yang tinggi dan kami sudah menyampaikan ini ke pak Menteri. KPPU juga sudah mengirimkan surat, dan  mendukung program tersebut,” ujar Hilman.

  • Bagikan