Gelar Rapat Kerja dan Pengukuhan Pengurus Baru, IMMIM Fokus Digitalisasi Muballik 

  • Bagikan
Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (IMMIM) menggelar rapat kerja dan pengukuhan pengurus pusat masa khidmat 2024-2028, Sabtu (10/2/2024).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (IMMIM) menggelar rapat kerja dan pengukuhan pengurus pusat masa khidmat 2024-2028, Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bertajuk Minal Masjid Ilal Masjid ini digelar di Aula Utama DPP IMMIM jl Jenderal Sudirman Makassar.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulsel diwakili Staf ahli Kesra Pemprov Sulsel Dr.Jayadi Nas, perwakilan Kapolda Sulsel,  perwakilan Pangdam XIV Hasanuddin, Ka.Kanwil Kemenag Sulsel diwakili Kabid Dr.Mulyadi Iskandar Idy, Ketua MUI Sulsel diwakili Sekjen MUI Prof.Muammar Bakry, Ketua DMI Mayor Jendral Muhammad Bau Andi Mappanyukki, Ketua MUI Kota Makassar Dr.AGH.Baharuddin A.Safa, MA, Ketua Dewan Pembina Drs.AGH.Muhammad Ahmad, Rektor UMI diwakili Wakil Rektor III Dr.Hj.Nurfadillah, SH, MH, dan sejumlah alim ulama dan pimpinan Ormas Islam dan lembaga mitra IMMIM.

Ketua Umum DPP IMMIM  Dr KH. M Ishak Shamad, MA dalam sambutannya pada kegiatan yang mengusung tema ‘Paradigma Baru Dalam Layanan Dakwah IMMIM’ ini menjelaskan pentingnya meningkatkan kerjasama  serta meningkatkan kualifikasi muballik dan masjid.

Ishak menjelaskan diawal kepengurusannya ini timnya berfokus mengaktifkan website IMMIM yang tujuannya lebih mendekatkan masyarakat khususnya generasi Z dan Milenial yang biasanya sibuk bekerja namun membutuhkan materi spritual.

“Insyaallah ke depan IMMIM akan memiliki program digitalisasi yang menyasar generasi Z dan milenial dengan mendakwahkan Islam musaddiyah karena kita pahami sekarang ini semakin berkembang banyak sekali kaum milenial seperti karyawan dan kaum muda yang menjadi aktifis atau pekerja yang sibuk,  sehingga lupa dengan hal hal spiritual. Dengan begitu IMMIM menyediakan kajian yang sesuai kebutuhan mereka dengan materi kajian sesuai kebutuhan mereka terutama pemahaman keagamaan yang disesuaikan dan kekinian,” jelasnya

Lebih jauh digitalisasi tersebut akan diwujudkan lewat website yang memenuhi segala kebutuhan spiritual .

“Salah satunya tentang cari ustad, di website ini ada data base-nya ustad yang di cari tentang ahli fikih.  Selain itu ada yg disiapkan kajian khusus tentang tema tertentu yg di dikemas dalam bentuk vodcash sehingga mereka bisa langsung bertanya, bisa sambil bekerja sambil mendengar dan bertanya,” ujar Ishak

“Di aplikasi ini ada juga data muballik, program kajian ustad dan mitra IMMIM dimana ada semacam admin yang mengelola muballik secara manual dan memudahkan berbicara dengan masyarakat. Ada sekitar 300 lebih muballik yang saat ini bekerja sama dengan kami,” tambahnya

Ishak juga menjelaskan saat ini pihaknya mengusung kerja sama dengan Ormas Islam yang selama ini mengelola dakwah sehingga nanti bisa melakukan pendataan dan  penghargaan muballik dan masjid. “Disni kita melakukan mengklasifikasikan untuk meningkatkan rate dan pelayanan terhadap masyarakat,” sebutnya.

“Kita berharap yang masuk kepengurusan hari ini bisa merumuskan kerja selama satu tahun ke depan dan  komitmen melaksanakan itu karena kami didukung dari segi pendanaan sehingga bisa berguna untuk kesejahteraan,” harapnya 

Sementara itu Ketua Umum YASDIC IMMIM Hj.Nur Fadjri FL, SP, M.Pd dalam sambutannya berharap IMMIM akan semakin terbuka dan inklusif dengan berbagai mitra dalam peningkatan layanan umat. 

Nur Fadjri juga mengapresiasi Pengurus DPP IMMIM periode lalu atas segala kinerja dan pencapaiannya, namun ia berharap pengurus DPP IMMIM yang dikukuhkan hari ini akan lebih baik lagi di masa mendatang, harapnya.

“Saat ini yang perlu ditonjolkan adalah kolaborasi, bukan persaingan, sehingga DPP IMMIM yang melakukan MoU dengan berbagai pihak diharapkan dapat berkolaborasi dalam mewujudkan kemakmuran masjid melalui pemberdayaan umat”, harapnya

Dr.Jayadi Nas dalam sambutannya mengapresiasi acara ini dan memperkenalkan program prioritas Pemprov Sulsel, diantaranya mengembalikan terumbu karang di laut, penanaman pisang Cavendis, dan tanaman lainnya, serta peternakan. 

“Diharapkan jika ada lahan dari keluarga besar IMMIM yang terbengkalai, maka program ini bisa dimanfaatkan dalam memanfaatkan lahan tersebut,” harapnya.

Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Penandatanganan MoU dengan berbagai  Institusi, Lembaga dan Ormas seperti 

Kemenag Sulsel, Basnas Sulsel, Dewan Mesjid Indonesia, BKPRMI, Kasturi, BSI Makassar, muslimat NU, Ibnusina, NU, Rakyat Sulsel dan beberapa instansi lainnya.

Kerja sama dengan Harian Rakyat Sulsel Disambut baik Oleh Direktur Harian Rakyat Sulsel, Daswar M Rewo. Menurutnya  Harian Rakyat Sulsel hadir menjadi wadah dimana para muballik bisa memperoleh informasi seperti jadwal ceramah dan nama mesjid.

“Jadi selama ini yang berlangganan adalah IMMIM, kami harapkan nantinya semua Ormas dan muballik juga sama sehingga kami akan mengirimkan koran digital yang disana bisa mengecek jadwal masing masing,” jelasnya. (Hikma)

  • Bagikan