Pj Wali Kota Ungkap Visi Masa Depan Parepare sebagai Lokomotif Indonesia Timur

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali, menyampaikan visi masa depan Kota Parepare. Hal itu, disampaikan Akbar Ali dalam sambutannya, di puncak perayaan hari jadi ke-64 Kota Parepare, di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Minggu, 18 Februari 2023.

Hadir pada kegiatan itu, Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin, didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar.

Akbar Ali mengatakan, pentingnya dukungan dari Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendorong optimalisasi Pelabuhan di Parepare.

“Sebagai Kota Pelabuhan, penataan pelabuhan sangat diperlukan dalam upaya peningkatan kehidupan ekonomi di Parepare,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, infrastruktur pelabuhan yang memadai di Parepare diharapkan akan menjadi katalisator bagi pertumbuhan pesat kota ini, menjadikannya lokomotif Indonesia Timur.

“Pelabuhan Parepare telah menjadi gerbong penting dengan kepadatan lintas kapal yang tinggi, melayani berbagai jenis kapal seperti kapal Pelni, kapal barang, dan lainnya,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dengan pelayanan pelabuhan yang lebih baik, Pelabuhan Parepare diharapkan akan mengambil posisi strategis, menjadi pilihan utama bagi masyarakat lokal dan regional.

Sebab kata dia, Pelabuhan Parepare menjadi salah satu gerbong penting bagi berbagai jenis kapal, termasuk kapal Pelni dan kapal barang.

“Pelabuhan Parepare merupakan salah satu pelabuhan yang cukup sibuk lintas kapalnya. Karena, menjadi salah satu gerbong kedatangan berbagai jenis kapal, seperti kapal Pelni kapal-kapal barang dan lainya,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, dengan aktivitas lintas kapal yang sibuk, pelabuhan ini memainkan peran vital dalam mendukung perekonomian lokal dan regional.

Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Pj Gubernur Sulsel yang turut mendukung upaya pembangunan dan optimalisasi pelabuhan.

“Dengan sinergi antara pemerintah kota dan provinsi, Parepare diharapkan dapat mencapai potensinya sebagai pusat ekonomi yang berbasis pada keberlanjutan pelabuhan,” tandasnya.(rud)

  • Bagikan