Mentan Amran Optimis Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

  • Bagikan
Menteri Pertanian , Andi Amran Sulaiman

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimis Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Oleh karena itu, kata Amran Indonesia ke depan menjadi kunci dari masalah krisis pangan dunia akibat dampak El Nino dan krisis dunia lainnya.

Amran manyampaikan hal tersebut saat membahas ketahanan pangan dan kemandirian bangsa dalam acara “Dialog Kebangsaan” di Universitas Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (20/2/2024).

“Kondisi dunia sekarang, bukan hanya Indonesia, terjadi krisis pangan. Ada peningkatan pemanasan global. Yang kelaparan di dunia saat ini kurang lebih mendekati satu miliyar penduduk dan ada 44 negara di dunia yang terancam kelaparan saat ini,” ungkap Mentan Amran.

Di Indonesia sendiri saat ini sedang mengalami iklim ekstrem El Nino yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada Bulan Februari 2024 dimana seharusnya proyeksi luas tanam meningkat, malah menurun menjadi 800.000 ha dari 1.753.000 ha di bulan Januari 2024 akibat adanya kekeringan ekstrem.

“Biasanya grafik Bulan Februari ini meningkat, bisa sampai 2 juta. Ini belum sampai puncak, kita malah menurun. Ini yang mengkhawatirkan,” kata Mentan, yang menjadi narasumber bersama Hashim Djojohadikusumo.

  • Bagikan