Kakanwil Harun Sulianto Sambangi Pj Gubernur Babel, Ini yang Dibahas

  • Bagikan
Kakanwil Harun Sulianto Sambangi Pj. Gubernur Babel di Kantor Gubernur, Jumat (15/03/2024).

PANGKALPINANG, BACAPESAN.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto sambangi Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali, di Kantor Gubernur, Jumat (15/03/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Kakanwil Harun melakukan koordinasi dan memohon Pj Gubernur untuk melakukan  pengukuhan Gugus Tugas Bisnis dan HAM Provinsi Babel. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan Rabu, 20 Maret 2024.

Kakanwil Harun menjelaskan, Strategi Nasional Bisnis dan HAM (Stranas BHAM) adalah arah kebijakan nasional yang memuat strategi dan langkah untuk digunakan sebagai acuan bagi Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha, dan Pemangku Kepentingan lainnya untuk kemajuan dunia usaha dengan memperhatikan pelindungan, dan pemulihan HAM.

Stranas BHAM terkait dengan kewajiban Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk melindungi HAM pada kegiatan usaha; dan  tanggung jawab Pelaku Usaha untuk menghormati HAM; serta akses atas pemulihan bagi korban dugaan pelanggaran HAM di kegiatan usaha.

Untuk menyelenggarakan pelaksanaan Stranas BHAM di daerah Provinsi, maka dibentuk GTD BHAM yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan Stranas BHAM di tingkat daerah; melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Stranas BHAM di tingkat daerah; dan melaporkan hasil pelaksanaan Aksi BHAM kepada GTN BHAM.

Pj Gubernur Babel, Safrizal Zakaria Ali, mendukung penuh terbentuknya Gugus Tugas Daerah (GTD) sesuai dengan amanah Perpres Nomor 60 tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan HAM.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang HAM (Suherman), serta Kepala Subbidang Pemajuan HAM (Yulizar Akhmad Jaya). (*)

  • Bagikan