Ini Kegiatan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Pangkalpinang di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
Kegiatan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Pangkalpinang di Bulan Ramadhan

PANGKALPINANG, BACAPESAN.COM – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono, Minggu (24/03/2024) mengatakan bahwa setiap malam di bulan Ramadhan, puluhan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang yang beragama Islam melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah di Masjid Darut Taubah Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Selanjutnya diberikan ceramah agama dan tadarus Al Quran. Kegiatan ini dilakukan setiap malam sesuai dengan jadwal blok dan kamar hunian WBP yang telah diatur sebelumnya.

Bagi WBP lain yang tidak sholat tarawih di masjid juga melaksanakan sholat tarawih dan tadarus Al Quran di kamar huniannya masing masing.

“Setiap malam, kami menghadirkan penyuluh agama islam dari Kemenag Kota Pangkalpinang sebagai imam sholat isya dan tarawih yang sekaligus memberikan ceramah agama singkat sebelum sholat tarawih dilaksanakan,” terang Nur Bambang.

Sehabis tarawih, dilakukan Tadarus Al-Qur’an yang diikuti oleh 21 orang Warga Binaan Santri.

Selama bulan puasa ada penyesuaian mekanisme Layanan Kunjungan. WBP bisa menerima kunjungan keluarga pada pagi hari, mulai dari pukul 08.30 s.d. 11.00 WIB.

Kemudian untuk penitipan barang dan makanan dilakukan di siang menjelang sore yang dimulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk memberikan kemudahan layanan kepada WBP, pihaknya lakukan penambahan petugas piket baik saat sholat tarawih/tadarus Al Quran, di dapur, maupun saat pendistribusian makanan sahur kedalam blok hunian
.
Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto berharap, para Warga Binaan Pemasyarakatan dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaannya, menyadari kesalahan, dan memperbaiki diri agar menjadi insan yang berakhlak mulia. (*)

  • Bagikan