Wali Kota Makassar Bakal Salat Id di Lapangan Karebosi

  • Bagikan
Lapangan Karebosi

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Bagian Kesejahteraan (Kesra) menyiapkan lokasi Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi dan Anjungan Pantai Losari. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sendiri akan menggelar Salat Id di Lapangan Karebosi.

“Kalau Pemkot nanti insyaallah membuka, yang maksudnya langsung difasilitasi oleh Pemkot adalah di Lapangan Karebosi dan Anjungan Pantai Losari,” kata Kepala Bagian Kesra Setda Makassar Moh Syarief kepada media, Kamis (4/4/2024).

Syarief mengatakan pejabat Pemkot Makassar akan terbagi untuk melakukan Salat Id. Khusus Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra direncanakan di Lapangan Karebosi.

“Insyaallah Pak Wali akan melaksanakan Salat Id-nya di Lapangan Karebosi. Kalau Losari, penyampaiannya Pak Wali, insyaallah nanti dihadiri oleh Pak Sekda,” jelasnya.

Dia menyebut kapasitas jemaah di Lapangan Karebosi bisa mencapai 50 ribu orang. Sementara di Anjungan Pantai Losari dapat memuat jemaah dengan jumlah 20 ribu orang.

“Kalau Lapangan Karebosi, sebelum direvitalisasi itu kan 100 ribu kapasitasnya. Setelah dibangun ini, ya berkurang menjadi 50 ribu,” imbuhnya.

“Kalau Losari itu lumayan besar. Losari itu, khusus depan City of Makassar itu bisa sampai 20 ribu,” lanjut Syarief.

Syarief menyebut Ketua PCNU Makassar DR KH Kaswad Kartono akan bertindak sebagai khatib Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi. Sedangkan khatib di Anjungan Pantai Losari adalah tokoh dari Muhammadiyah.

“Beliau (Kaswad) salah satu Kepala Biro di UIN Alauddin Makassar. Beliau juga adalah Ketua PCNU Kota Makassar. (Sementara khatib di Anjungan Pantai Losari) Masih terkonfirmasi bahwa akan diisi oleh salah satu pimpinan pejabat pusat dari Muhammadiyah. Cuma belum disampaikan namanya,” bebernya.

Meski begitu, dia memastikan kedua lokasi yang disiapkan untuk Salat Idul Fitri itu terbuka kepada masyarakat umum. Syarief menegaskan, lokasi salat id itu sama sekali bukan milik golongan tertentu.

“(Salat Idul Fitri di Anjungan Pantai Losari) Bukan juga dikatakan Muhammadiyah. Secara umum itu dikatakan masyarakat Kota Makassar lah. Ini kan untuk memudahkan masyarakat Makassar misalnya dari kawasan selatan itu tersedia di Anjungan. Yang dari utara, kalau mau di lapangan, silakan ke Lapangan Karebosi. Dari timur juga bisa, atau mungkin memilih Masjid 99 Kubah, atau Masjid Raya, Masjid Al Markaz, silakan lah,” pungkasnya.

  • Bagikan